Rabu, 21 Agustus 2013

Buah Mentega yang Semakin Langka

Bentuknya bulat pipih dengan warna merah sedikit kusam, melihat penampulannya sekilas mirip seperti buah apel, namum kulit buahnya memiliki bulu-bulu halus seperti beludru. Buah bisbul atau biasa disebut dengan buah mentega, merupakan salah satu buah yang tergolong cukup langka keberadaannya. Buah ini jarang ditemui di pasaran, maka tidak heran jika banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan buah yang satu ini.


Semenjak masih kecil saya sudah dikenalkan dengan buah yang satu ini. Eyang saya di daerah Magetan memiliki pohon buah mentega ini. Setiap kali saya berkunjung ke rumah eyang, buah ini selalu menjadi incaran saya. Namun, beranjak memasuki bangku SMA hingga kuliah sekarang, saya jarang menemukan buah mentega ini. Kata paman saya sih karena anomali cuaca yang cukup ekstrim sekarang ini menjadikan pohon mentega menjadi jarang berbuah.



Buah mentega atau juga bisa disebut dengan velvet apple ini memiliki aroma wangi yang cukup tajam, namun tidak membuat eneg. Bau buah mentega ini bahkan dapat tercium di dalam sebuah ruangan. Daging buahnya berwarna putih, memiliki rasa yang manis serta tekstur yang lembut. Saking lembutnya, daging buah tersebut disamakan seperti mentega.

Mungkin tidak banyak orang yang memiliki tanaman buah mentega dan membudidayakannya, tak heran jika buah ini tergolong cukup langka sekarang ini. Berbicara soal buah langka, saya jadi teringat beberapa buah-buahan seperti buah mundu dan buah duwet (jamblang) yang dulu mudah saya temui semasa masih kecil, namun sekarang buah tersebut termasuk buah yang langka juga. Ah, semoga buah-buahan tersebut ada yang membudidayakannya dan tidak hilang kelak kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar