Kamis, 14 Maret 2013

Melihat Keindahan Danau Toba di Puncak Gunung Sipiso-Piso

Gunung Sipiso-Piso  Merupakan lanjutan perjalanan kami selanjutnya setelah semalam kami telah berhasil mendaki Gunung Sinabung. Silahkan Lihat perjalanan tim Telapak Sumut ke Gunung Sinabung DISINI. Gunung Sipiso-Piso berlokasi di Jalan Merek-Saribudolok, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung ini mempunyai keunikan sendiri di bandingkan gunung lainnya. Pepohonan yang hanya tumbuh di bagian puncaknya saja. Hari ke dua, Senja pun telah berlalu, tidak terasa hari pun sudah menjadi gelap. Kendaraan kami masih melaju melewati sudut demi sudut kemacetan yang panjang . sekitar jam 21.00 wib sampailah kami di pintu gerbang masuk Air Terjun Sipiso-Piso.

Sudah tidak ada lagi penjaga, kami pun langsung saja masuk tanpa ada lapor dari warung-warung yang kami lewati. Tiba-tiba datang dari kejauhan 2 orang pria menjumpai kami, kenapa tidak ada laporan? Abay menjawab pertanyaan bapak itu, tadi kami lihat itu tempat bapak sudah tutup. Setelah itu kami pun membayar uang retribusi kepada bapak itu.
Kendaraan kalian letakkan saja di rumah saya, ungkap nya. Dan kami pun mengikutinya berjalan dan menitipkan kendaraan kami disana. Radit langsung mengangkat jerigen besar yang berisi air dari rumah bapak itu, kali ini kita gak akan kesusahan air lagi. Kami pun mendirikan tenda tepat di ujung, di depan aula yang sudah tidak terawat lagi sepertinya. Tepat di depan kami yang berhadapan langsung dengan Danau Toba.

Hari ketiga, setelah selesai sarapan dan mem-packing kembali barang-barang. Jam 10.57 wib, kami melanjutkan perjalanan kami menuju puncak sipiso-piso, hanya vivi yang tidak ikut karena sudah tidak sanggup lagi katanya. aku nunggu di sini saja, di rumah bapak yang kami titipkan kendaraan kami. akhirnya hanya kami bertujuh saja yang melanjutkan pendakian ke puncak sipiso-piso. Di sepanjang perjalanan dari pintu gerbang sipiso-piso sampai ke puncaknya, kami di suguhkan dengan pemandangan indah Danau Toba.

Ternyata, Pulau Samosir terlihat dari atas sini. Ini membuat stamina kami semakin bertambah dan semakin cepat laju kami untuk mencapai puncak. Tepat jam 12.42 sampailah kami di puncak sipiso-piso, ada sebuah tempat peristirahatan di atas puncak sipiso-piso yang di buat menyerupai sebuah pondok.

Pulau Samosir yang tadinya kelihatan kini telah memudar di tutupi kabut tebal. Di atas puncak sipiso-piso terdapat juga sebuah toilet yang sudah tidak terawat lagi. Hanya sekitar setengah jam saja kami di atas puncak Sipiso-Piso.

Setelah mengambil beberapa photo kami pun kembali berjalan menuruni puncak. Karena seorang teman yang sudah lama menunggu kami di bawah. Sampai di bawah kami pun memesan teh manis panas dan gorengan di tempat bapak itu, yang kebetulan selain rumah tempat tinggal tempat itu juga di jadikan sebuah warung yang menjual makanan dan minuman.
Mengingat akan perjalanan kami yang masih sangat jauh untuk sampai ke rumah, sekitar jam 15.00 wib kami pun berpamitan dengan ibu yang punya rumah dan melanjutkan perjalan kami menuju menuju deli tua. Rute yang kami ambil adalah jalan dari saribu dolok yang tembus ke gunung meriah dan selanjutnya tebus ke tiga juhar. Tepat jam 20.34 sampailah kami di deli tua dimana tempat basecamp anak Telapak Sumut berada.

Ini lah salah satu kisah perjalanan dan pengalaman Tim Telapak Sumut dalam Menjelajah dan Mengexplore Wisata Alam Sumatera Utara. Nantikan Selalu Perjalanan Kami Selanjutnya......