Rabu, 15 April 2015

Wisata Taman Mangrove Daerah Kapuk Jakarta Utara


Wisata Taman Mangrove Daerah Kapuk Jakarta Utara

Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta PIK (Pantai Indah Kapuk)

Hello traveller... sudah ada yang tahu kalau di jakarta ada tempat wisata yang menarik dan murah meriah, yaitu Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta, tepatnya di angke kapuk jakarta utara. Bagi yang sudah tahu tentunya menarik sekali bukan ? dan bagi yang belum pernah kesana, secepatnya ya untuk berkunjung kesana.. :D :D .. 

Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini merupakan sebuah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan wisata alam dan berpusat pada pengembangan Eco-tourism. Luas area taman wisata ini adalah 99,82 Ha dengan tipe lahan basah yang didominasi vegetasi utama mangrove. Jadi nggak heran kalau pemandangan yang ditawarkan adalah hamparan jenis-jenis mangrove dari mulai Api-Api (Avicenea sp.), Bidara (Sonneratia caseolaris), dan Bakau (Rhizopora mucronata & Rhizopora stylosa).

Taman wisata alam (TWA) atau yang biasa disebut dengan Taman Wisata Mangrove ini menjadi alternatif tempat liburan bagi Anda yang hendak berwisata di Jakarta yang jenuh dengan tempat hiburan yang itu-itu saja. Kini saatnya kembali ke alam (back to nature), menikmati keindahan, kesejukan, dan kenyamanan yang diberikan asli oleh alam.

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk hadir sebagai penyeimbang dari padatnya Kota Jakarta baik warga, kendaraan dan bangunannya, sekaligus juga sebagai salah satu tempat yang memberikan kesejukan dari panasnya Kota Jakarta. Taman wisata alam ini merupakan kawasan pelestarian alam yang didominasi dengan vegetasi pohon bakau, dihiasi dengan kicauan suara burung nan merdu yang melengkapi keindahan taman wisata alam ini. Indah, kan? Tempat ini cocok bagi seseorang yang ingin menghilangkan kejenuhan dan menyegarkan pikiran anda.

Taman wisata alam ini cocok bagi Anda yang hobi jalan-jalan untuk melihat dan menikmati keindahan alam, khususnya dalam hal ini di daerah Kawasan Hutan Mangrove yang berada di pesisir sungai-sungai besar yang bermuara ke laut.

Baca juga artikel yang tidak kalah menarik lainnya !
Yuk berlibur ke Pantai Tanjung Lesung !!!

wisata taman mangrove jakarta utara

keindahan jakarta mangrove resort

Kawasan wisata hutan mangrove ini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak yang bertemakan mengenai alam karena kawasan ini merupakan peralihan antara laut dan darat. Di kawasan ini anak-anak diajarkan untuk menanam Pohon Mangrove langsung pada habitatnya, dengan kata lain mengajarkan anak-anak pentingnya merawat alam dan mengenal alam lebih dekat sehingga tahu manfaat dan pentingnya alam bagi kehidupan manusia.

Wisata Hutan Mangrove tidak kalah indahnya dengan teman wisata alam lainnya yang ada di Jakarta. Wisata Hutan Mangrove memberikan sensasi berwisata yang berbeda dengan yang lainnya. Selain kita akan berjalan di sekitaran sungai yang ditumbuhi oleh Hutan Mangrove hingga pinggir laut, kita pun bisa melihat aneka satwa baik itu ikan maupun burung yang hidup di kawasan hutan mangrove. Pokonya damai, tentram, indah. Hal itulah yang Anda akan dapatkan di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk yang ada di Jakarta ini.

Selain digunakan untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti dapat menahan terjangan ombak, angin laut, dan air pasang, Hutan Mangrove juga digunakan sebagai tempat pelestarian binatang langka sehingga Anda juga bisa sambil mempelajari ekosistem alam secara langsung. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berlibur ke kawasan taman wisata alam ini.

Baca juga artikel menarik lainnya !
Keindahan Pantai Maron Semarang !

Wisata Taman Mangrove Daerah Kapuk Jakarta Utara

Fasilitas di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para pengunjung, pengelola taman wisata alam ini telah memberikan fasilitas yang lengkap sekaligus terawat. Selain tersedianya restoran, café, mushola dan toilet, pengelolapun menyediakan arena bermain untuk anak-anak seperti tersedianya kawasan outbond, lapangan olahraga, hingga tempat perkemahan. Bagi Anda (wisatawan) yang hendak pingin menginap dan menikmati keindahan kawasan Hutan Mangrove di malam hari, pengelola kawasan taman wisata alam ini menyediakan berbagai pilihan yang menarik, yaitu selain tersedianya villa sebagai tempat penginapan, disinipun disediakan bagi Anda yang ingin bermalam di alam luas agar lebih menyatu dengan alam yaitu camping ground.

Untuk masalah transportasi menuju ke Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk yang biasa juga di sebut Mangrove Resort Kapuk tidak terlalu sulit, karena terletak di dekat Perumahan Pantai Indah Kapuk sehingga banyak kendaraan umum yang bisa dengan mudah mengantarkan anda dengan cepat ke tempat tujuan. Disamping fasilitas yang lengkap dan akses ke kawasan wisata ini mudah, tiket masuknya pun murah meriah sehingga terjangkau untuk kalangan. Hanya dengan uang Rp 20.000,- Anda bisa menikmati keindahan alam Hutan Mangrove yang tidak bisa dinikmati di tempat wisata lain.

mangrove pantai indah kapuk

wisata mangrove pik

Selain bisa melihat itu semua, di tempat yang biaya masuknya Rp. 20.000 per-orang, dan Rp. 10.000 untuk mobil, Hard Rockers juga bisa menginap di pondok-pondok yang desainnya simple dan minimalis banget. Untuk bisa bermalam di lokasi ini disediakan dua tipe pondok penginapan yang terbuat dari kayu, ada rumah kemping yang ditawarkan dengan harga Rp. 200.000-an sampai 300.000 per-malam atau Pondok Alam dengan harga Rp 400.000 per-malam.

Sayang banget kan apabila Anda berlibur ke Indonesia khususnya Kota Jakarta, kalau harus melewatkan kawasan wisata alam yang menawarkan beragam macam keindahan alam ini. Karena hanya di Indonesialah Anda bisa menikmati keindahan Hutan Mangrove, karena Hutan Mangrove ada hanya di kawasan wilayah khatulistiwa, yang mana Indonesia merupakan salah satunya sekaligus salah satu Negara dengan Hutan Mangrove yang terluas di dunia.

tiket wisata mangrove pik

Untuk itu, satu lagi tempat wisata alam yang harus Anda masukkan kedalam catatan tempat yang ingin Anda kunjungi dikala berlibur ke kawasan Kota Jakarta. Ingat, jangan sampai lupa dan jangan sampai salah, hanya di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk yang letaknya di daerah Jakarta Utara yang bisa memberikan suasana liburan yang sesungguhnya. Satu hal yang tak boleh dilupakan ialah sebaiknya mengunjung Hutam Mangrove Muara Angke dengan membawa serta keluarga, terutama anak-anak supaya mereka bisa banyak belajar dan memahami secara detil dan mendalam terkait dengan alam dan lingkungansekitarnya, dalam konteks ini tanaman Mangrove. Dengan begitu mereka bisa lebih arif dan bijaksana dalam “berkomunikasi” dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

Akses menuju ke tempat ini bisa dengan cara berikut:

a) Dari tol menuju bandara Soekarno-Hatta – keluar tol Kapuk Muara – kemudian masuk ke Pantai Indah Kapuk – ikuti arah ke Waterboom – kemudian ikuti arah ke Golf Mediteranian dan Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Sampai di TWA.
b) Dari Arah Pluit menuju Muara Karang kemudian masuk Pantai Indah Kapuk sampai ketemu RS PIK- ikuti arah ke Waterboom – kemudian ikuti arah ke Golf Mediteranian dan Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Sampai di TWA.
c) Dari Tol JORR Lingkar Barat keluar Kamal terus ke Jalan kamal Raya, masuk kompleks Elang Laut, PIK - ikuti arah ke Waterboom – kemudian ikuti arah ke Golf Mediteranian dan Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Sampai di TWA.

Jam buka: Senin – Minggu (08.00 – 19.00 WIB)

Oke traveller... Cukup sekian dulu yah info mengenai tempat wisata menarik khususnya yang ada di jakarta.. semoga informasi nya bermanfaat, dan manfaatkan waktu liburan kalian sebaik-baiknya dengan mengunjungi tempat wisata taman mangrove yang tentunya mempunyai edukasi lebih juga buat kita semua.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ... :D :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar