Rabu, 16 April 2014

Spot Wisata Karimun Jawa Yang Wajib di Kunjungi

tempat wisata di pulau karimun jawa
view pantai karimun jawa
Karimun Jawa yang terletak di Jepara Jawa Tengah adalah salah satu alternatif wisata bahari Indonesia yang perlu dikunjungi. Mungkin ada diantara kita yang masih asing dengan nama wisata bahari pulau karimun jawa namun seperti halnya Pulau Dewata Bali, Karimunjawa juga diakui oleh wisatawan lokal maupun asing merupakan tempat terindah bagai kan di surga. Cukup mencengangkan bukan? Nah bagi yang belum mengetahui tentang info karimun jawa, berikut ini akan kami paparkan sedikit tentang keindahan pulau karimun jawa. Apa saja yang menyenangkan jika ketika kita berlibur ke Karimunjawa, simak saja ulasannya.

menyelam menikmati bawah laut karimunjawa
1. Menyelam
Bagi yang hobinya diving, tak lengkap rasanya jika bila belum menyelam di perairan Karimun Jawa. Selain memiliki pantai yang indah dan airnya yang jernih, bawah laut Karimunjawa menyimpan beragam spesies langka, terumbu karang yang indah, serta ikan-ikan hias yang lucu- lucu. Ada kurang lebih 20an lokasi diving yang tersebar di perairan dekat pulau - pulau yang ada di Karimunjawa. Sekedar informasi saja, bahwa di Kepulauan Karimunjawa terdapat totao pulau sejumlah 27 pulau. Pulau-pulau tersebut ada yang sudah berpenghuni ataupun yang belum ada penghuninya. Pulau Kemojan dikenal memiliki spot diving yang indah dengan istilah indonor wrec, karena terdapat kapal yang sudah karam dengan nama indonor di perairan ini. Arus air yang cukup kuat dengan nuansa sunyi yang mencekam saat  berada didekat bangkai kapal adalah suatu pengalaman yang tak terlupakan bagi para penyelam. Jika menginginkan spot diving yang banyak ikan serta terumbu karang berwarna-warni kita bisa ke perairan pulau kecil, karena disini terdapat banyak ikan-ikan hias yang lucu. Menyelam sambil melihat bangkai kapal tempo dulu yang sudah ditumbuhi terumbu karang atau melihat ikan nemo di sela-sela karang memang sangat menarik dan seru.

2. Snorkeling
perairan karimunjawa indah dilihat saat sorkelingSnorkeling adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berada di pulau Karimunjawa. Bagaimana tidak, di Pulau Cemara Besar, kita dapat menikmati koleksi terumbu karangnya yang sangat beragam, seperti staghorn coral yang mempunyai bentuk cabang pohon kering, table coral yang berbentuk mirip jamur raksasa, dan terumbu karang besar atau kecil berwarna-warni adalah pemandangan yang mempesona. Tak hanya di Pulau Cemara Besar, masih banyak spot snorkeling yang ada di karimun jawa yang menawarkan spot menarik. Dijamin bakal betah dan lupa pulang jika kita sudah bersnorkeling ria.

karimun jawa surganya para pemancing mania3. Memancing
Selain menjadi surga buat yang hobinya menyelam, memancing di Karimunjawa juga menjadi surga bagi para pemancing mania. Dengan begitu luasnya wilayah bahari karimun jawa, membuat kegiatan memancing adalah hal wajib dilakukan karena pasti akan mengasyikan. Di karimun jawa ada banyak spot memancing yang terdapat ikan-ikan besarnya, seperti ikan tenggiri, ikan kakap merah, ikan giant travelly, ikan tuna, cumi-cumi, ikan pari dan lain-lain. Sensasi strike mirip di acara salah satu televisi swata bisa anda rasakan jika anda memancing di karimun jawa. Namun yang perlu diingat adalah, kita harus tetap selalu melestarikan ekosistem alam. Jadi kita bisa manfaatkan seperlunya saja guna kelestarian alam untuk warisan anak cucu kita kelak.

4. Menikmati treking mangrove
wisata alam hutan bakau di karimun jawa yang indahJika kita sudah sampai di Karimunjawa, banyak tempat yang perlu kita kunjungi. Entah itu untuk lautnya maupun untuk daratannya. Jika kita mempunyai waktu lebih, tidak ada salahnya mengunjungi wisata darat karimunjawa, karena terdapat spot yang tak kalah menarik yaitu treking mangrove. Di sini dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman baru. Mengapa? Karena di treking mangrove ini anda akan disuguhi suasana hutan yang lain daripada yang lain. Di hutan ini terdapat banyak sekali pohon mangrove. Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau. Nah kita bisa berjalan menyusuri jembatan yang dibuat untuk menikmati keindahan hutan mangrove karimun jawa. Tapi, ada tapi nya nih. Karena tanaman bakau hidupnya di rawa, maka nyamuk banyak berkembang biak di daerah ini. Jadi kalau mau menikmati treking mangrove karimun jawa, jangan lupa membawa lotion anti nyamuk ya, untuk menghindari nyamuk-nyamuk yang nakal, hehehehe.


penangkaran hiu di pulau menjangan besar karimun jawa5. Berenang bersama hiu
Saat berada di karimun jawa, hal yang wajib dan harus dilakukan adalah mengunjungi penangkaran hiu. Saat ini penangkaran hiu menjadi ikon pariwisata di karimun jawa. Disini Anda dapat merasakan ketegangan berenang bersama ikan hiu yang kita kenal adalah hewan buas. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di penangkaran hiu karimunjawa, hiu-hiu sudah jinak dan tidak buas lagi. Mereka sudah terbiasa dengan kehadiran manusia, jadi bisa dipastikan aman jika kita ingin berenang masuk di kolam tersebut. Fasilitas penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar tidak itu saja, disini kita juga dapat melihat lebih dekat ikan ikan lainnya, seperti ikan pari, penyu, ikan gelembung, dan lain-lain

pantai tanjung gelam cocok untuk menikmati matahari tenggelam

5.Sunset karimun jawa
Yang terakhir kita akan bahas soal pantai karimun jawa. Di pulau terbesar atau pulau karimunjawa bagian barat terdapat suatu pantai yang sangat indah. Disini pantai masih asri dan bersih, airnya juga sangat jernih. Di tempat ini biasanya dijadikan pelepas lelah setelah seharian berjalan-jalan keliling pulau ataupun snorkeling. Kita bisa menikmati keindahan di waktu sore saat matahari mulai terbanam. Sambil menunggu sunset, wisatawan bisa mencicipi jajanan yang banyak dijual di pinggir pantai oleh warga lokal karimun jawa. Karena letaknya dibagian barat pulau, maka di sini kita bisa melihat secara luas dan terbuka saat sunset. Biasanya wisatawan akan menunggu sunset untuk mengabadikannya sebagai kenang-kenangan saat kembali dari pulau karimun jawa.


Nah itulah sedikit cerita tentang karimun jawa, pulau yang eksotis, indah, mempesona serta terdapat banyak sekali spot wisata yang menarik. Silahkan mencoba dan selamat berlibur.

tag: spot wisata karimun jawa, karimunjawa tour, piknik karimun jawa, karimunjawa trip murah, liburan ke pantai karimun jawa, pulau karimun jawa tour, karimun jawa island

Tidak ada komentar:

Posting Komentar