Minggu, 24 Januari 2016

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah


Selamat siang sahabat note travelling...

Kali ini saya akan memberikan informasi wisata yang ada di Jepara Jawa Tengah. Apa kalian tahu mengenai kota tersebut? Jepara merupakan ibu kota kabupaten Jepara yang terdapat di provinsi Jawa Tengah. Di Jepara sering diadakan berbagai acara-acara menarik seperti pagelaran seni dan budaya, pagelaran ketoprak spektakuler, festival budaya Jepara, festival bedug jepara, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai kota ini, sepertinya Anda perlu mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang ada di kota Jepara tersebut.

Selain kaya akan seni dan budaya nya, Jepara juga memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Banyak tempat-tempat bersejarah yang harus Anda tahu mengenai asal usul berdirinya tempat tersebut. Di Jepara akan banyak ditemui juga wisata kuliner yang patut Anda coba. Cita rasa makanan khas Jepara juga tidak kalah enaknya. Indonesia memang sangat kaya akan keindahan alamnya, terutama taman-taman wisata yang ada di Jepara. Salah satu yang paling terkenal dari jepara adalah kayu asli Jepara. Banyak juga pengrajin ukiran kayu yang ada di Jepara. Maka tidak heran jika Jepara mendapat julukan sebagai kota ukir.

Semakin penasaran dengan tempat-tempat wisata yang ada di Jepara?! Mari kita simak informasi mengenai 12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah :

1) Museum R.A. Kartini

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Jika Anda berlibur ke Jepara jangan lupa untuk mengunjungi tempat bersejarah dan tempat wisata terbaik di Jepara. Terletak di sebelah utara alun-alun kota Jepara, Anda akan begitu mudah mendapati salah satu tempat wisata di Jepara ini. Museum R.A. Kartini adalah objek wisata sejarah Jepara, menjadi tempat penyimpanan berbagai koleksi peninggalan RA Kartini, juga benda-benda peninggalan maupun foto- foto dari kakak kandungnya Drs. RMP. Sosrokartono, serta berbagai benda-benda purbakala periode abad ke-7 di era Ratu Shima. Ratu Shima adalah penguasa kerajaan Kalingga di daerah Keling Kabupaten Jepara pada masa itu.

Di museum RA. Kartini ini juga, Anda dapat menyaksikan kerangka ikan raksasa “Joko Tuo” sepanjang 16m dan lebar 2m dengan berat 6 ton. Ikan tersebut ditemukan pada tahun 1989 di Pulau Karimunjawa dalam keadaan mati, namun masih meninggalkan sisa-sisa daging. Objek wisata Jepara yang satu ini adalah juga kekayaan wisata Jawa Tengah, dan terbuka untuk publik setiap hari, mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk museum RA. Kartini sebesar Rp 2 ribu per orang, menjadi Rp 3 ribu di saat akhir pekan dan hari libur.

2) Pantai Kartini

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah
Nah, bagi Anda yang menyukai liburan dengan melihat keindahan pantai, Jepara juga memiliki pantai yang sangat indah dan patut untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta. Pantai kartini merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Jepara. Pantai Kartini letaknya sangatlah strategis, berada di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Berbagai wahana permainan anak-anak (komedi putar, mandi bola, perahu arus), dermaga, dan aquarium kura-kura dapat ditemukan di pantai Jepara yang satu ini.

Mengapa dinamakan pantai kartini? Pantai Kartini juga merupakan salah satu pantai yang menjadi tempat bermain RA. Kartini semasa kecil bersama dengan saudara-saudarinya. Inilah sebab objek wisata di Jepara ini dinamakan sebagai Pantai Kartini untuk mengenang jasa pahlawan nasional Indonesia tersebut.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata pantai kartini, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Kartini sebesar Rp 3 ribu per orang, belum termasuk tiket kendaraan roda dua, bis, dan roda empat. Di akhir pekan dan hari libur, harga tiket masuk pantai menjadi Rp 5 ribu per orang.

3) Taman Nasional Karimun Jawa
 
12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Taman Nasional Karimun Jawa adalah sebuah destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia dan terdapat di daerah Jepara. Taman Nasional Karimunjawa memiliki tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Pesona biota lautnya di antaranya adalah lebih dari 90 jenis karang keras, 242 jenis ikan hias, hingga 133 genera akuatik. Beberapa biota laut di Karimunjawa ini adalah biota yang dilindungi. Beberapa destinasi wisata di Indonesia yang mengagumkan seperti Karimunjawa ini dapat Anda temukan pula di kawasan wisata Bunaken dan Raja Ampat di Papua.

Ada banyak kegiatan wisata memikat yang dapat Anda lakukan di Karimunjawa. Karakteristik seluruh pantai di Karimunjawa memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang, berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan. Objek wisata Jepara ini menyuguhkan Anda berbagai olahraga air yang seru, menyelam, snorkeling, memancing, berenang, berjemur, atau menjelajahi lautnya yang jernih. Selain itu, berbagai keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda di tempat wisata Jepara yang satu ini.

4) Pulau Panjang
 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata seperti pulau, Jepara juga memiliki tempat wisata terbaiknya yaitu Pulau Panjang. Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang dengan pantai berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat pulau ini cukup jernih dan tidak berarus, sehingga merupakan tempat yang tepat berenang, snorkeling, dan bermain kano. Pulau seluas 19 ha ini dapat ditempuh dari dermaga di Pantai Kartini, dan hanya berjarak 2.5 km.

Mengelilingi pulau dengan berjalan menyusuri pantai atau menyusuri jalan (paving block) sambil menikmati pemandangan adalah kegiatan menarik lain yang sering dilakukan wisatawan. Bagian tengah pulau ini adalah struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dan menjadi tempat bagi burung laut untuk bermalam dan berkembang biak. Untuk dapat sampai di tempat wisata Jepara yang satu ini, Anda harus membayar tiket perahu wisata yang akan mengantarkan Anda ke pulau sebesar Rp 12 ribu dari dermaga Pantai Kartini. Dan tiket masuk Pulau Panjang adalah sebesar Rp 3 rbu per orang, Anda memiliki waktu satu hari penuh untuk menikmati kawasan wisata Jepara yang satu ini.

5) Pantai Teluk Awur 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah
 
Pantai yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Jepara ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di Jepara yang menarik untuk Anda kunjungi. Cara paling populer dilakukan wisatawan untuk menikmati pantai ini adalah berenang dan bermain air laut. Pantai Teluk Awur adalah destinasi wisata yang tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk, alias gratis. Pantai Teluk Awur menyajikan suguhan pemandangan yang sangat indah dan betah membuat kita berlama-lama di pantai ini.

6) Pantai Ombak Mati (Pantai Bondo) 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Pantai Ombak Mati atau lebih dikenal dengan Pantai Bondo ini terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Sesuai namanya, dinamakan Pantai Ombak Mati karena ombak di pantai ini hampir tidak ada. Pantai Bondo atau Pantai Ombak Mati ini adalah salah satu objek wisata alternatif terbaik yang dapat Anda kunjungi jika sedang berada di Jepara. Suasana pantai ini cukup sepi dan tenang. Anda bisa menikmati keindahan pantai Bondo ini tanpa harus mendengar hiruk-piruk wisatawan lainnya. Bagi Anda yang penasaran dengan pantai ini jadikan pantai ombak mati atau pantai bondo ini menjadi daftar tempat wisata Anda selanjutnya saat berada di Jepara.

7) Pantai Bandengan
 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Terletak di arah utara kota Jepara sejauh 7 km dari pusat kota, pantai Bandengan adalah sebuah pantai di Jepara dengan air yang begitu jernih dan bersih, memiliki hamparan pasir putih yang indah. Di kawasan pantai ini pula Anda dapat menikmati panorama sunset yang menawan. Pantai Bandengan menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Jepara.

Ada banyak kegiatan menarik yang dilakukan di Pantai Bandengan, di antaranya berkemah, volley pantai, hingga sepeda santai. Tempat wisata Jepara yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai tempat ajang permainan motor cross serta pertunjukan festival layang-layang skala regional, nasional, maupun internasional. Jika Anda berkunjung ke Jepara, jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Bandengan ini.

8) Benteng Portugis 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Bosan dengan liburan Anda yang begitu saja? Ingin mencoba tempat wisata unik dan menarik, silahkan Anda kunjungi Benteng Portugis yang ada di Jepara. Benteng Portugis di Jepara adalah sebuah cagar budaya yang dilindungi, memiliki panorama alam yang memikat dengan suguhan pemandangan bukit, panorama pantai, serta hamparan batuan sedimen yang menawan. Benteng Portugis ini dibangun di atas bukit batu yang berposisi di pinggir laut, di bagian utara benteng persis berhadapan dengan Pulau Mondoliko.

Di masa lampau, benteng ini memiliki peran strategis dalam mengontrol jalur pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia bagian timur dan sebaliknya. Benteng yang terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo ini menawarkan suguhan keindahan alam yang begitu disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Benteng Portugis patut Anda kunjungi karena merupakan tempat wisata terbaik di Jepara.

9) Pulau Mandalika 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Selain Pulau Panjang, tempat wisata terbaik di Jepara lainnya adalah Pulau Mandalika. Pulau Mandalika merupakan pulau kecil yang berada di laut jawa yakni di sebelah utara laut utara Jawa Tengah. Pulau Mandalika berjarak 2 Km dari utara Desa Ujung Watu, Kabupaten Jepara. Untuk menuju Pulau Mandalika ini Anda dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu sekitar 30 menit. Pulau ini juga berada 2 Km dari bibir pantai atau 500 meter dari lokasi tempat wisata Tebing Benteng Portugis yang terletak di pesisir pantai Ujung Watu. Pulau Mandalika sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Anda akan betah berlama-lama di pulau tersebut. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga.

10) Air Terjun Songgolangit
 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Apa Anda senang menikmati liburan dengan melihat keindahan air terjun? Di Jepara memiliki wisata terbaik air terjun yang sangat indah. Tempat wisata terbaik di Jepara ini dinamakan sebagai “Air Terjun Songgolangit” karena jika dilihat dari bawah, maka air terjun tersebut tampak seolah sedang menyangga horizon langit. Terletak di Desa Bucu, Kecamatan Kembang sejauh 30 km arah utara dari pusat kota Jepara, Air Terjun Songgolangit memiliki ketinggian 80 m dengan lebar 2 m.

Udara yang segar dengan panorama alam yang indah adalah daya tarik dari air terjun di Jepara ini. Di tempat ini pula, ada banyak kupu-kupu dengan warna-warni yang indah. Menurut kisah masyarakat setempat, konon air terjun ini ditunggui oleh sepasang suami isteri yang ikut menjaga kenyamanan para wisatawan untuk menikmati keindahan di kawasan air terjun, sebab para wisatawan adalah tamu yang perlu dihormati dan dijaga keamanannya dan kenyamananya.

11) Goa Tritip
 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Goa Tritip Terletak di desa Jung Watu, Kecamatan Keling atau 45 Km sebelah utara kota jepara berdekatan dengan benteng portugis. Goa Tritip menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Jepara. Pada zaman dahulu gua tritip digunakan oleh Mbah Joyo Kusumo untuk bertapa yang kemudian sekarang banyak diartikan orang sebagai tempat petilasannya. Tiap malam jum'at diberi sesajen berupa wedang gula dan wedang kopi. Namun pada malam jum'at wage sajian itu ditambah dengan kelapa muda dan bubur merah putih. Di sekitar daerah tersebut terdapat perahu kayu. Perahu tersebut konon katanya menjadi tempat pertapaan Mbah Joyo Kusumo.

Namun sekarang perahu yang terletak di gua tritip sudah tinggal setengah karena banyak diambil oleh orang-orang yang berkunjung disana untuk membuat api unggun dan lain sebagainya. Banyak pengunjung yang datang pada malam jum'at wage agar hajatnya tercapai setelah melakukan pertapaan melalui perantara mbah Joyo Kusumo kepada Tuhan Yang Maha Esa.

12) Pantai Empu Rancak
 

12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah

Pantai Empu Rancak Wilayah Jepara terkenal dengan keindahan pantai pasir putih, hampir semua pantai yang berpasir putih untuk dijadikan tempat wisata, salah satu yang tak kalah menarik yaitu pantai Empu rancak, kawasan ini banyak ditemui pilihan makanan menu seafood.

Pantai Empu Rancak terlentak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo. Pantai ini masih terlihat sepi, sebab memang belum banyak yang mengenal wilayah ini. Namun sejak empat tahun terakhir, kawasan ini sudah mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Oleh sebab itu, Pantai Empu Rancak menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Jepara. Semoga ke depannya, wisata ini semakin ramai oleh pengunjung yang berdatangan.

Itulah informasi mengenai 12 Tempat Wisata Terbaik di Jepara Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi di liburan Anda selanjuntya. Masih banyak lagi informasi menarik lainnya tentang tempat wisata, wisata indonesia, wisata alam, laut dan pantai, pegunungan, pulau-pulau, wisata kuliner, tempat penginapan, dan lain sebagainya yang bisa Anda simak hanya di note travelling. Pusat informasi wisata-wisata menarik dari berbagai penjuru ibu kota ada di note travelling.

***************************************

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam Blogger :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar