Kamis, 28 Januari 2016

Pesona Objek Wisata Sungai Kahayan | Kalimantan Tengah

Wisata Alam Sungai Kahayan merupakan sungai terpanjang di Pulau Kalimantan yang memiliki luas kurang lebih mencapai 81.648 km2 dan memiliki panjang 600 km dengan kedalaman 7 meter. Penduduk sekitar menyebut sungai ini dengan sebutan Sungai Biaju Besar atau Sungai Dayak Besar. Sungai Kahayan mempunyai bentuk yang cukup unik, alur sungai yang dalam membuat pemandangan di sekitar sungai menjadi terlihat tenang dan damai.
Kapal Wisatawan Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah
Keadaan air sungai yang terkadang berubah-ubah, Air yang terlihat jernih dan terkadang menjadi coklat menjadi ciri khas dari sungai Kahayan yang sangat jarang di jumpai pada sungai-sungai lainnya. Terdapat beberapa rute yang ditawarkan oleh pengelola sungai Kahayan diantaranya rute menuju pulau kaja dan pemakaman keramat. Dari kedua rute tersebut, rute yang paling digemari oleh Wisatawan asing maupun local yaitu Pulau kaja, untuk menuju pulau kaja perjalanan dimulai dengan pemandangan beberapa rumah apung milik warga asli Suku Dayak dan sepanjang perjalanan Wisatawan akan melewati tempat konservasi orang hutan Nyaru menteng, di dalam terdapat beberapa jenis binatang khas Kalimantan seperti  Monyet abu-abu yang memiliki ekor panjang bergelantungan, Lutung, Biawak dan berbagai pepohonan.

Pepeohonan Pinggiran Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah
Setelah singgah ke Pulau Kaja, perjalanan berlanjut melewati pemakaman keramat sapundu, yaitu tiang yang digunakan sebagai pengikat hewan kurban saat melakukan ritual upacara tiwah atau yang lebih dikenal dengan upacara kematian dan juga terdapat tempat pengumpulan beberapa tulang belulang dari masyarakat asli suku Dayak.
View Atas Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah
Bicara akses, karena tempatnya berada tepat di kota palangkaraya, untuk mencapai lokasi Wisatawan tidak akan sulit untuk menyelusuri sungai Kahayan ini. Waktu perjalanan selama 30 menit dari Bandara Tjlik Riwut ke Alun-Alun kota Palangkaraya membutuhkan waktu 10 menit menuju ke tempat susuran sungai.
Arus jeram Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah
Untuk pelayanan Wisatawan cukup baik seimbang dengan biaya yang dikeluarkan, dan Wisatawan akan merasakan suasana hati yang damai dan tenang ketika berada di tengah sungai di dalam hutan belantara Kalimantan yang merupakan jantung dunia.

Sekian pembahasan mengenai Pesona Objek WIsata Sungai Kahayan, Kalimantan tengah semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, Thank's :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar