Jumat, 29 Januari 2016

Objek Wisata Bukit Kelam | Kalimantan Barat

Bukit Kelam merupakan tempat wisata yang cukup menarik dan mempesona dan tidak boleh dilewatkan oleh Wisatawan local maunpun mancan Negara, tidak banyak Wisatawan yang tau Bukit Kelam ini. Bukit kelam yang terletak kurang lebih 20 km dari kota Sintang ini merupakan adanya sebongkah batu raksasa yang sering di sebut-sebut sebagai batu terbesar di dunia.
Sumber : www.indonesia.traveler
Walaupun diklaim sebagai batu besar, namun kenyataannya Bukit Kelam kalah tenar dengan sejawat wisata lainnya seperti Ayers Rock yang berada di Benua Australia cenderung lebih di kenal oleh Wisatawan lainya. Yang perlu kita ketahui bukit kelam salah satu potensi tempat wisata yang perlu dikembangkan dan di ekspost oleh pemerintahan agar Wisatawan asing mengetahui keberadaan Bukit Kelam. Keunggulan Bukit Kelam sendiri berbagai aneka ragam, mulai dari pemandangan alam yang mempesona dan eksotis menjadi nilai tersendiri dari Bukit Kelam. Ditambah dengan adanya air terjun yang sering di manfaatkan oleh penduduk setempat untuk mengisi air sawah dan lainnya.
Pesona Keindahan Alam Bukit Kelam, Kalimantan Barat
Dan adanya goa yang dihuni oleh ribuan kelelawar, dan juga tumbuhan langka seperti kantong semar dan Anggrek Hitam menjadikan Bukit Kelam sebagai tempat wisata yang unik. Keberadaan Bukit Kelam sendiri tidak dapat dipisahkan dari legenda Bujang Beji dan Tumenggung Marubai. Bujang Beji dan Tumenggung Marubai merupakan salah seorang nelayan yang berada di tanah Sintang. Menurtu cerita Kelompok Bujang Beji megnuasai sungai Kapuas sedangkan Kelompok Tumenggung Marubai menguasai Sungai Malawi. Akibat keirian dari Bujang Beji yang mengetahui bahwa Tumenggung Marubai mendapatkan ikan lebih banyak dari kelompoknya. Ia berniat untuk menghalangi aliran air dengan batu, kemudian ia meyelusuri hulu Sungai Kapuas untuk mendapatkan Batu Besat dari puncak Bukit Nanga Silat.
Bukit Kelam, Kalimantan Barat
Tibanya di persimpangan muncullah Dewi Surgawi yang menertawakan perbuatan Bujang Beji. Ia terkejut dengan adanya suara yang sedang tertawa dan ia berusaha menemukan sumber dari suara tersebut, tidak sengaja ketika ia sedang sibuk mencari sumber suara ia menginjak duri yang cukup beracun. Batu yang di peganginya seketika terlepas dari genggamannya dan jatuh ketanah. Menurut legenda dan cerita masyarakat Batu tersebutlah yang menjadi bukit dan banyaknya batu gelap diatasnya. Dari hal tersebutlah nama Bukit Kelam berasal.

Bagi para Wisatawan yang ingin mendaki puncaknya, Bukit ini lumayan tinggi sekitar 990 M dari permukaan laut. Untuk mencapai puncak Bukit Kelam ada dua cara yaitu, melalui rangkaian tangga besi dan dengan cara memanjat tebing yang menjulang tinggi dengan ketegakan 90 derajat. Puncak bukit pun menjadi tempat terbaik untuk terjun menggunakan layang gantole maupun paralayang.

Bukit Kelam juga terdapat berbagai jenis Flora langka seperti bangeris (koompassia sp), meranti (shore sp), kebas-kebas (prodocarpus ceae), dan macam-macam jenis anggrek. Pada dataran tinggi terdapat pitcher merah (nephentes alata) salah satu endemi daerah tersebut dan sangat banyak Flora lainnya.
Kantong Semar di Bukit Kelam, Kalimantan Barat
Sayang keberadaan Bukit Kelam tidak banyak diketahui oleh orang lainnya seperti namanya yang “ Kelam “ dan tempat wisata ini pengelolaannya tidak cukup baik oleh pemerintah setempat. Saya pribadi sangat berharap agar tempat wisata ini menjadi salah satu target tempat wisata yang wajib dikembangkan dan di ekspos secara global agar informasi dan keberadaanya diketahui orang banyak. Pastinya melalui artikel ini informasi yang disajikan dapat membantu perkembangan Wisata Alam Nusatara khusunya yang berada di Indonesia.

Sekian pembahasan saya mengenai Objek Wisata Bukit Kelam, Kalimantan Barat semoga bermanfaaat dan dapat menambahkan wawasan pembaca. Thank’s 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar