Senin, 01 Februari 2016

Objek Wisata Danau Matano | Sulawesi Selatan

Danau Mantano merupakan danau yang terdalam se Asia tenggara dan memasuki urutan ke delapan di dunia. Danau yang beralokasi di daerah Sorowako, Kabupaten Luwu Timur ini memiliki ribuan mata air yang tidak pernah mengalami kekeringan walaupun di musim kemarau. Luas danau sekitar 16.000 hektar dengan kedalaman sekitar 600 meter. Danau yang di kelilingi oleh pegunungan, dan bebatuan menciptakan suasana yang tenang dan memanjakan mata ketika melintasi danau. Kondisi air yang sangat jernih dapat melihat suasana ikan yang sedang berjalan dan kumpulan bebatuan kerikil yang cukup banyak.
Keindahan Suasana Pagi di Danau Matano, Sulawesi Selatan
Untuk menuju sorowako akses yang di tempuh dapat melalui darat maupun udara. Apabila Wisatawan melalui udara dapat di tempuh kira-kira 45 menit, apabila melalui darat membutuhkan waktu sekitar 9-10 jam dari Makassar-Sorowako.
Danau Matano, Sulawesi Selatan
Danau Matano dihuni oleh beberapa species fauna dan endemik air seperti sifut, kepiting, udang dan ikan. Dan yang uniknya dari Danau Matano ini terdapat species hewan endemik khas yang bernama ikan purba. Ikan berwarna kecoklatan dan berbentuk seperti hewan purba ini hanya hidup dan berkembang biak di Danai Matano. Masyarakat sekitar menyebut ikan purba dengan sebutan ikan Buttini, namun ikan yang berbentuk seperti binatang purba ini menjadi ikan favorit masyarakat sekitar, tidak seperti namanya ikan ini menjadi menu favorit dan ikan yang di cari oleh wisatawan yang berkunjung di Danau Matano.
Ikan Purba di Danau Matano, Sulawesi Selatan
Keunikan lainnya dari Danau Matano yaitu terdapat beberapa lubang gua yang masih tersisa sepeninggalan sejarah. Benda-benda bersejarah yang di temui oleh masyarakat sekitar berupa pedang, tombak, dan alat-alat rumah tangga lainnya yang terbuat dari besi kuningan. Selain itu, sebagian gua lainnya juga terdapap di pemukiman penduduk dan bibir danau. Gua tersebut di penuhi oleh ratusan kelelawar dan di sudut-sudut goa terdapat tulang belulang manusia. Gua yang dulunya menjadi makan pada saat masyarakat asli belum mengenal agama mempunyai tradisi seperti mayat orang yang sudah meninggal akan di masukkan di dalam gua tersebut. Walaupun beberapa gua dianggap angker oleh sebagian wisatawan, hal tersebut tidak menjadi penghambat mereka untuk mengunjungi Danau Matano malah menjadi penarik bagi wisatawan karena penasaran dan ingin melihat langsung ke lokasi.
Gua Bibir Danau Matano, Sulawesi Selatan
Banyak beberapa tempat lagi yang mesti di kunjungi oleh Wisatawan local mapun Mancannegara di Danau Matano. Selain keindahan flora dan fauna di Danau Matano, Wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam mata air hidup (Bura-Bura), air terjun Mata Buntu  dan lainnya.
Suasana pegunungan di Sekitar Danau Matano, Sulawesi Selatan
Sekian pembahasan mengenai Objek Wisata Danau Matano | Sulawesi Selatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih Atas Perhatiannya :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar