Jumat, 05 Februari 2016

Wisata Telaga Warna Puncak Bogor | Jawa Barat

Telaga Warnapuncak bogor merupakan salah satu objek taman wisata alam yang terletak di kawasan Pass Cisarua Bogor. Taman wisata Telaga Warna Puncak Bogor ini di kelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam yang merupakan objek wisata terkenal akan keindahan alam yang mempesona. Ketinggian taman wisata ini berkisar 1400 Mdpl, hamparan kebun teh di sepanjang jalan membentang luas ditambah dengan sejuknya udara alam sekitar. Luas keseluruhan taman wisata adalah kurang lebih mencapai 5 hektar dan luas telaga 1.5 hektar.
Plang Masuk Taman Wisata Telaga Warna
Gerbang Masuk Telaga Warna puncak Bogor
Keunikan dari danau Telaga Warna yang mampu mengundang Wisatawan local dan luar adalah warna air telaga yang dapat berubah-ubah pada saat tertentu. menurut hasil penelitian warna air telaga yang sering berubah-ubah di sebabkan olah pantulan dari berbagai warna pohon yang berada disekita telaga. Berbagai macam jenis pohon yang terlihat begitu rindang dan subur di area taman wisata, mulai dari jenis pohon Saninten dan pohon Puspa. Selain itu, Wisatawan jugabisa menjumpai berbagai jenis satwa liar yang hidup di sekitar taman, seperti burung, kera, lutung dan lainnya.
Telaga Warna Puncak Bogor, Jawa Barat
Sejarah Telaga Warnasendiri konon peninggalan kerajaan Kutatanggeuhan yang di pimpim oleh raja yang bernama Prabu Suarnalaya bersama permaisuri yang bernama Purbamanah. Namun, akibat sang raja tida dikaruniai seorang anak beliau memutuskan untuk betapa dan memohon kepada Tuhan agar di beri keturunan.

Setelah sekian lama beliau betapa, beliau mendapat petunjuk atau wangsit berupa saran agar mereka mengangkat seorang anak. Setelah beberapa bulan sang permaisuri hamil dan melahirkan seorang anak perempuan.
Pemandangan di Kawasan Puncak Bogor
Setelah sang putri dewasa, Sang ayah mengadakan pesta secara besar-besaran dan memberikan hadiah kepada putri berupa kalung. Namun sang putri pun menolah hadiah pemberian ayahnya, dan tiba-tiba ia menangis keajaiban pun terjadi pendopo kerajaan mengeluarkan air yang cukup deras dengan waktu yang cukup lama sampai-sampai kerajaan Kutatanggeuhan tengelam.

Lokasi Telaga Warna Puncak Bogor terletak di Desa Tugu, tepatnya di kecamatan Cisarua kabupaten Bogor jawa barat. Untuk waktu tempuh perjalanan dari kota Bogor memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju lokasi puncak. Akses menuju telaga cuku mudah, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.
Suasana di Kawasan Telaga Warna Puncak Bogor
Setelah sampai di lokasi taman wisata, Wisatawan bisa menikmati suasana alam dan taman rekreasi puncak yang begitu indah dan kulaitas udara yang baik untuk kesehatan. Adapun beberapa aktifitas wisata yang bisa untuk di nikmati ole pengunjung yaitu Wahana Air, Flying, Fox, Kebun Teh, Treakking, dan Melihat beberapa satwa seperti burung, lutung, dan lainnya. Lain dari pada itu, juga terdapat beberapa dasilitas di Telaga Warna seperti hotel atau penginapan, Rumah Makan, Toilet Umum, dan Tempat Ibadah.

Sekian seputar informasi mengenai tempat Wisata di Puncak bogor Telaga Warna, Jawa barat, semoga bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan mengenai Wisata Alam Nusantara yang berada di negeri Indonesia tercinta, Terima Kasih.

1 komentar: