Selasa, 09 Februari 2016

Tempat Wisata di Majalengka Provinsi Jawa Barat


Selamat siang sahabat note travelling :)

Bagaimana dengan liburan kalian akhir-akhir ini? Apakah sangat berkesan? Semoga liburan Anda menjadi liburan yang paling menyenangkan, apalagi liburan bersama dengan keluarga tercinta. Ya untuk kali ini saya akan memberikan informasi yang sangat luar biasa dan tentunya sangat menarik untuk dibaca. Apa Anda tahu apa saja tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi saat kita berada di Majalengka? Ternyata banyak sekali loh guys tempat-tempat wisata di kota tersebut. Sebelum kita tahu apa saja nama tempat wisatanya, kita juga harus tahu dulu apa itu Majalengka. Yap.. Majalengka merupakan suatu kota atau daerah atau kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten Majalengka terletak pada titik koordinat yaitu Sebelah Barat 108° 03' - 108° 19 Bujur Timur, Sebelah Timur 108° 12' - 108° 25 Bujur Timur, Sebelah Utara 6° 36' - 5°58 Lintang Selatan dan Sebelah Selatan 6° 43' - 7°44. Bagian Utara wilayah kabupaten ini merupakan dataran rendah, sementara wilayah tengah berbukit-bukit dan wilayah selatan merupakan wilayah pegunungan dengan puncaknya Gunung Ceremai yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan serta Gunung Cakrabuana yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Sumedang.

Nah, setelah kita tahu apa itu Majalengka, sekarang saatnya saya memberikan informasi mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Majalengka. Berikut Tempat Wisata di Majalengka Provinsi Jawa Barat:

1.) AIR TERJUN CIBALI - MAJALENGKA
 
 
TEMPAT WISATA DI MAJALENGKA PROVINSI JAWA BARAT
 
Tempat wisata ini pada umumnya sering di kunjungi oleh para pelajar yang datang pada waktu libur. Namun tidak hanya kalangan pelajar, banyak juga rombongan yang datang bersama keluarga menikmati tempat wisata di Majalengka ini. Objek wisata Air Terjun Cibali ini belum terkelola dengan baik. Masih banyak yang perlu diperhatikan agar salah satu tempat wisata di Majalengka ini bisa menjadi tempat liburan terbaik nantinya. Untuk akses menuju lokasi tersebut kurang baik dan angkutan umum yang menuju ke tempat wisata ini belum ada. Sedangkan fasilitas di tempat wisata ini belum dibangun. Semoga tempat wisata air terjun cibali ini kedepannya bisa mendapat perhatian dari pemerintah setempat supaya bisa dikelola lebih baik dan lebih bagus lagi dalam hal sarana dan prasarananya. Air terjun ini berlokasi di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul yang memiliki jarak +39 km dari pusat kota Majalengka.

2.) CURUG MUARA JAYA - MAJALENGKA
 
CURUG MUARA JAYA MAJALENGKA
 
Tempat Wisata Curug Muara Jaya di Majalengka Provinsi Jawa Barat terletak di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kab. Majalengka. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Majalengka. Tempat Wiata Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam berupa air terjun atau yang disebut dengan curug dengan ketinggian 73 m. Di tempat ini juga sering diadakan upacara adat berupa upacara pareresan yang biasanya dilakukan saat panen raya. Untuk mengunjungi tempat ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, cukup dengan uang 4000 rupiah anda sudah dapat mendapatkan tiket masuk ke tempat wisata Curug Muara Jaya Majalengka Jawa Barat.

3.) PANORAMA CIKEBO - MAJALENGKA
 
PANORAMA CIKEBO MAJALENGKA
 
Panorama Cikebo berada di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja, dengan jarak tempuh lebih dari 14 km dari pusat Kota Majalengka. Objek dan daya tarik Panorama Cikebo memiliki pemandangan yang indah dan dapat dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat dan tempat bakar jagung bagi pengunjung. Akses untuk menuju lokasi objek wisata ini cukup baik karena berada dipinggir jalan dan dilalui oleh angkutan umum. Fasilitas yang terdapat disana yaitu tempat istirahat dan tempat bakar jagung.Panorama Cikebo berada di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja, dengan jarak tempuh lebih dari 14 km dari pusat Kota Majalengka. Objek dan daya tarik Panorama Cikebo memiliki pemandangan yang indah dan dapat dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat dan tempat bakar jagung bagi pengunjung. Akses untuk menuju lokasi objek wisata ini cukup baik karena berada dipinggir jalan dan dilalui oleh angkutan umum. Fasilitas yang terdapat disana yaitu tempat istirahat dan tempat bakar jagung. Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan menikmati keindahan alam dari atas bukit untuk melihat keindahan kabupaten Majalengka.

4.) AIR TERJUN CILUTUNG - MAJALENGKA

AIR TERJUN CILUTUNG MAJALENGKA

Tempat wisata Air Terjun Cilutung merupakan salah satu tempat wisata yang indah di Majalengka Provinsi Jawa Barat. Lokasi Air Terjun Cilutung adalah di Desa Campaga Kecamatan Talaga Majalengka. Tempat wisata ini berjarak 28 km dari Kota Majalengka. Akses menuju tempat wisata Air Terjun Cilutung ini cukup baik. Dari namanya saja sudah sangat unik, apalagi tempat wisatanya yang tidak kalah menariknya. Saat liburan, akan ada banyak sekali pengunjung yang berdatangan.

5.) SITU SANGIANG - MAJALENGKA
 
 

SITU SANGIANG MAJALENGKA
 
Di tempat wisata Situ sangiang ini pengunjung dapat melihat pemandangan Situ atau danau yang sangat indah serta disana kita dapat berziarah ke makam keramat Pucuk Ulum Talaga atau Sunan Parung. Kita juga dapat mengetahu sejarah makam tersebut. Lokasi tempat wisata ini adalah terdapat di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Majalengka Jawa Barat. Jarak untuk mencapai tempat wisata Situ Sangiang adalah sekitar 27 km dari pusat kota Majalengka. Akses menuju tempat wisata ini sudah bagus sehingga dapat membuat pengunjung nyaman. Selain menikmati panorama situ, di tempat ini pengunjung dapat menyaksikan kegiatan budaya seperti potong kambing yang diadakan pada waktu-waktu tertentu, biasanya Senin dan Kamis. Selain itu juga terdapat agrowisata jagung dan susu murni. Hmmmm.... sangat menarik bukan! Tunggu apalagi guys :)

6.) KEBUN TEH CIPASUNG - MAJALENGKA
 

KEBUN TEH CIPASUNG MAJALENGKA
 
Bagi Anda yang menyukai suasana wisata dengan dipenuhi hamparan kebun teh, Majalengka juga ada lokasi yang amat strategis untuk Anda coba kunjungi. Lokasi wisata Kebun Teh Cipasung ini berada di Desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih. Perkebunan. teh ini berjarak +- 59 KM dari Majalengka Kota dengan waku tempu sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Perkebunan teh ini berada di lereng timur dari Gunung Cakrabuana dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya. Perkebunan teh ini seluas +- 58 Hektar dan dikelola oleh Koperasi Buana Mukti. Selain perkebunan teh disini juga terdapat pabrik pengeringan daun teh. Kebun Teh Cipasung ini memiliki area kebun teh yang sangat luas dan juga pemandangan yang sangat bagus dan asri. Perkebunan teh memang selalu memberi kesan yang hijau dan mendamaikan hati bagi para penikmatnya.

7.) CURUG TONJONG - MAJALENGKA
 

TEMPAT WISATA DI MAJALENGKA
 
Salah satu tempat wisata di Majalengka ini banyak diminati oleh wisatawan. Tempat Wisata Curug Tonjong ini berlokasi di Desa Teja Kecamatan Rajagaluh Majalengka. Disini Anda bisa melihat pemandangan air terjun yang sangat indah dan masih asri. Aliran air sungainya disini cukup deras dengan adanya bebatuan di sepanjang sungai tersebut. Anda juga akan menjumpai jembatan bambu yang semakin menambah kesan alami dari curug tonjong.

8.) PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI - MAJALENGKA
 
 
GUNUNG CIREMAI MAJALENGKA

Tempat Wisata di Majalengka Provinsi Jawa Barat yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan suka dengan tantangan. Untuk mencapai Gunung Ciremai, Anda harus melakukan pendakian. Gunung Ciremai secara administratif termasuk dalam 3 wilayah, yakni wilayah Kabupaten Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Ketinggian Gunung Ciremai sekitar 3.078 mdpl. Wilayah di sekitar Gunung Ciremai sekarang ini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai. Untuk bisa mendaki Gunung Ciremai, anda dikenakan biaya 6500 Rupiah per orang. Sebaiknya dalam melakukan pendakian, ada pendamping orang yang terbiasa mendaki Gunung Ciremai, dan mengetahui medan pendakian Gunung Ciremai ini. Tidak lupa juga menyiapkan keperluan dan juga tenaga yang prima jika hendak melakukan pendakian.

9.) AGRO BATU LUHUR - MAJALENGKA

AGRO BATU LUHUR MAJALENGKA
 
Tempat Wisata Agro Batu Luhur merupakan salah satu wisata yang masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Mungkin beberapa dari Anda merasa bosan dengan rekreasi pergi ke mall, bioskop, atau kolam renang yang sudah bercampur aduk dengan padatnya penduduk kota dengan suasana perkotaan yang jenuh. Tempat Wisata di Majelengka yang satu ini sangat cocok sekali untuk Anda kunjungi. Ciri khas yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah batu-batu tinggi yang telah berada di tempat tersebut. Saat ini sedang dilakukan pembangunan dan dipersiapkan untuk kegiatan alam, kegiatan rohani (pesantren), kegiatan pendidikan dan pelatihan seperti pendidikan tentang bercocok tanam, pengenalan jenis bambu, penangkaran dan domba unggulan.Wisata Agro Batu Luhur terletak di Desa Jerukleueut Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Jarak dari pusat Kota Majalengka menuju objek ini sekitar 22 km. Tempat wisata Agro Batu Luhur ini menawarkan fasilitas seperti flying fox sepanjang hampir 200 meter yang merupakan rute terpanjang di wilayah III Cirebon. Anda dapat menikmati permainan ini dengan membayar Rp 20.000 (pengunjung umum) dan Rp. 15.000 untuk anak-anak sekolah. Selain itu terdapat juga permainan yang memicu adrenalin anda yaitu melewati jembatan dengan seutas tali tambang. Pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 2.000 dan hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan perkemahan dan bermain sepeda pada sirkuit yang telah disediakan.

Itulah beberapa informasi penting yang harus Anda simak dan Anda ketahui keberadaannya. Kabupaten Majalengka memiliki kekayaan alam yang melimpah dan bisa kita nikmati keindahannya. Bagi kita penikmatnya, sudah seharusnya membantu pemerintah setempat dalam menjaga kebersihan tempat-tempat wisatanya. Membuang sampah di tempat sampah yang sudah disediakan di area tempat wisata, dan tidak merusak fasilitas yang ada. Alam ini butuh orang-orang yang menyayangi lingkungan yang bersih, karena dengan hal itu kita sebagai manusia juga akan merasakan kenyamanan jika melihat lingkungan wisata yang kita kunjungi itu bersih.

Demikianlah artikel mengenai "Tempat Wisata di Majalengka Provinsi Jawa Barat". 
Semoga info-info tentang wisata alam, wisata seru, pegunungan, laut dan pantai, wahana bnermain, wisata keluarga, wisata edukasi, keindahan alam, wisata Indonesia, dan wisata lainnya dapat bermanfaat untuk Anda sahabat note travelling.


Thank You Guys,


Salam Blogger :)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar