Minggu, 07 Februari 2016

Danau Ranu Kumbolo Mahameru | Jawa timur

Ranu Kumbolo merupakan tempat wisata danau yang berada di kawasan Gunung Semeru, Ranu Kumbolo juga salah satu tempat transit bagi pendaki Puncak Gunung Semeru. Lokasi Danau Ranu Kumbolo terletak pada ketinggian 2.400 mdpl. Bagi pendaki, Ranu kombolo menjadi sumber tempat pengambilan air yang berlimpah untuk persediaan pendaki, dan juga sebagai tempat berkumpul dan berkemah ketika melepas penat.
http://embunwisata.blogspot.co.id
Gerbang Masuk Menuju Danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru
Lokasi Danau Ranu Kumbolo lebih tepatnya berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Untuk Wisatawan yang  berasal dari luar Jawa, bisa langsung menuju Malang, setelah sampai di Malang Wistawan bisa langusung naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Kemudian, melanjuti perjalanan menggunakan mobil jeep yang disewakan oleh penduduk sekitar. 
http://embunwisata.blogspot.co.id
Danau Ranu Kumbolo Kabupaten Lumajang Jawa Timur
Sebelum melakukan pejalanan menuju Ranu Kubolo disarankan untuk mempersiapkan fisik yang optimal, karena akses menuju Ranu Kumbolo cukup jauh dan memakan waktu yang cukup panjang dengan berjalan kaki. Selain itu, di Pos Ranu Pani kita juga akan di peiksa dan menyiapkan beberapa bukti seperti fotocopy KTP 3 lembar, dan surat keterangan sehat dokter dan materai. Hal tersebut di maksudkan untuk kemananan dan berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu bagi Wisatawan. 

Untuk biaya tiket masuk menuju Ranu Kumbolo kurang lebih 10.00 Rupiah per orang, dan untuk menyewa tenda berkisar antara 20.000 – 30.000 per tenda. Ada dua alternatif menuju Ranu Kumbolo pertama Wisatawan bisa melalui Watu Rejeng dan Bukit Ayek-Ayek. Namun di antara kedua alternatif tersebut memiliki perbedaan jalur dan waktu tempuh yang berbeda. Jalur Watu Rejeng memiliki trek-trek yang gampang untuk di lalui, namun memakan waktu yang cukup lama untuk sampai kelokasi. Dari Buktit Ayet-ayet memiliki trek yang cukup ekstrem dan berbahaya bagi Pengunjung nubi, namun waktu perjalanan jauh lebih cepat.
http://embunwisata.blogspot.co.id
Suasana Pagi Hari di Danau Ranu Kumbolo
Dari Ranu Pani Wisatawan akan menempuh perjalanan sejauh 7 Kilometer menyelusuri lereng-lereng bukit, dan di sepanjang perjalanan Wisatawan bisa menjumpai Tumbuhan Langka seperti Bunga Edelwiess dan tanaman liar lainnya.
http://embunwisata.blogspot.co.id
Keindahan Alam Danau Ranu Kumbolo
Perjalanan selanjutnya Wisatawan akan disambut oleh bukit dan lembah yang di tumbuhi oleh pohon pinus dan cemara. Dan hal yang paling menakjubkan yaitu kumpulan asap dari puncak Gunung Semeru dengan jarak yang sangat dekat dengan kita. Saat sampai di Danau Ranu Kumbolo Wisatawan bisa mendirikan tenda, dan melepas penat dengan berenang di air yang segar dan jernih. Saat-saat indah dan yang paling di nanti-nanti oleh Wisatawan ketika menginap di sana yaitu melihat matahari yang terbit dari kedua bukit dan pancaran sinar mentari yang menyinari Danau Ranu Kumbolo.
http://embunwisata.blogspot.co.id
Pemandangan dari kejauhan Gunung Semeru Jawa Timur
Namun, hal yang perlu Wisatawan ketahui apabila ingin berkunjung ke Danau Ranu Kumbolo agar dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan dan lainnya. Kesalahan inilah yang paling sering kita jumpai di Tempat Wisata Alam Nusantara Negeri Tercinta ini, semoga saja apa yang saya sampaikan ini khususnya bagi wisatawan dapat menambah wawasan akan kepentingan menjaga kelestarian lingkungan kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar