Rabu, 26 Agustus 2015

Destinasi Pesona Wisata Gunung Pancar Bogor Jawa Barat


wisata gunung pancar bogor

Apa kalian sudah pernah dengar mengenai wisata Gunung Pancar? Bagi yang belum tahu, saya punya informasi mengenai wisata Gunung Pancar. Gunung Pancar menyuguhkan Anda sebuah destinasi dengan pesona wisata alamnya yang lengkap bersama dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, masih terdapat aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di sana. 

gerbang utama gunung pancar

Kawasan wisata ini terletak di ketinggian 300-800 meter dpl dengan kemiringannya mencapai 15-40%. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi wisata tersebut. Bentang vegetasi Gunung Pancar terdiri dari hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar. Udara sejuk dan pemandangan yang asri begitu kental terasa. Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius di kala malam hari dan pada siang hari suhu maksimal berkisar di sekitaran 33 derajat Celcius.

Gunung Pancar sejatinya merupakan salah satu dari sederetan kawasan pegunungan yang turut menghiasi wajah kota Bogor. Berbagai jenis kekayaan hayati berupa beraneka jenis vegetasi tanaman khas hutan alam pegunungan dataran rendah, serta berbagai jenis tumbuhan semak belukar, tampak tumbuh dengan subur mengelilingi kawasan yang lokasinya juga berada pada ketinggian lebih kurang sekitar 300 – 800 meter diatas permukaan laut tersebut.

wisata alam gunung pancar

keindahan wisata gunung pancar

villa gunung pancar

Beberapa jenis tanaman di tempat wisata alam Gunung Pancar :
Beberapa jenis dari vegetasi tanaman hutan tersebut, diantaranya yakni Rasamala, Pohon Beringin, Puspa, Saninten, Jamuju, Rotan, serta berbagai jenis tanaman jenis lainnya. Disepanjang perjalanan menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar, kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan berupa hamparan pohon pinus yang rindang, dan terlihat semakin menambah indahnya pesona alam yang tersaji dikawasan wisata tersebut.

Aneka ragam hayati atau satwa di tempat wisata alam Gunung Pancar : 
Selain itu, beberapa jenis dan spesies dari satwa liar juga turut melengkapi kakayan hayati yang terdapat pada Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Diantaranya, yakni Owa, Surili, Kera, Jelarang, Babi Hutan, serta berbagai jenis burung seperti Elang, Kutilang, Ayam Hutan Merah, Jalak, Srigunting, serta burung Enggang.

Menikmati panorama alam yang tersaji pada kawasan Gunung Pancar memang menjadi salah satu suguhan wisata yang menarik, sekaligus mampu memanjakan jutaan pasang mata yang hadir untuk menyaksikannya. Beraneka jenis pepohonan yang tampak begitu indah menyelimuti hampir seluruh bagian permukaan kawasan tersebut, terasa semakin lengkap ketika berpadu dengan sejuknya udara yang disajikan. Hal ini mampu menawarkan sebuah pesona alam yang terasa begitu mengesankan. Tidak salah bila kawasan ini, telah dikembangkan untuk menjadi salah alternatif guna berwisata alam.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar, sejatinya mulai dikembangkan sebagai salah satu kawasan wisata sejak tahun 1994 silam. Pengelolaan berbagai potensi yang disajikan juga diserahkan kepada PT. Wana Wisata Indah, dimana saat ini telah banyak sekali potensi alam yang dimanfaatkan guna menjadi beberapa objek menarik, sekaligus menawarkan berbagai bentuk kegiatan berwisata alam. Diantaranya, yakni sebagai areal untuk melakukan kegiatan pendakian, kemping atau berkemah, berkuda, bersepeda, serta areal untuk melakukan kegiatan tracking atau melintasi alam.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di tempat wisata ini antara lain :
- Wisata alam sambil olahraga (hiking, berkemah, berkuda, bersepeda, tenis, berenang (air panas), lintas alam) Wisata konvensi (berwisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi),
- Wisata budaya (menikmati pergelaran seni tradisional dan ziarah ke makam keramat di Puncak Gunung Pancar).
- Sarana prasarana wisata di TWA Gunung Pancar diantaranya pusat informasi, pondok kerja, sarana olah raga, camping ground, tempat bermain anak, sarana pemandian air panas, shelter, fasilitas penginapan dan ruang pertemuan.

Salah satu kegiatan yang populer di sini adalah tempat pemandian air panas Gunung Pancar. Untuk dapat berendam, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 10 ribu per orang. Tempat pemandiannya terbagi dua, yaitu untuk laki-laki dan perempuan.

Air panas Gunung Pancar ini berasal dari mata air alami, yang dialirkan melalui pancuran ke kolam rendaman. Banyak wisatawan datang dan menikmati pemandian air panas Bogor di Gunung Pancar ini guna menghilangkan pegal-pegal dan badan yang kurang fresh. Air panas ini mengandung belerang dan mineral yang sungguh baik untuk terapi otot.

akses pemandian air panas gunung pancar

gunung pancar bogor

air panas gunung pancar


Rute atau akses menuju tempat wisata alam Gunung Pancar :

Terdapat beberapa rute perjalanan yang dapat Anda tempuh menuju kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, baik itu dari Bandung, Jakarta, atau dari kota Bogor. Dari Jakarta, perjalanan ke Gunung Pancar akan menempuh jarak sejauh sekitar 45 km.

Jika Anda dari arah Cawang di Jakarta, maka rute perjalanan adalah masuk jalan tol ke arah Bogor. Setelah itu, masuk ke tol Sentul City, kemudian ambil arah kanan menuju jalan Sentul Raya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 8 km, Anda akan sampai di bundaran yang hanya berbentuk setengah, kemudian ambil arah kiri. Dari sana, perjalanan akan menempuh jarak sekitar 600 meter, lalu ambil arah kanan dan kemudian cari arah ke Babakan Madang. Selanjutnya, ikuti petunjuk arah menuju Jln. Sumur Batu. Dari sana, Anda tinggal mencari Jln. Uli dan melewatinya sampai menemukan Jln. Air Panas.

Baiklah, itulah beberapa informasi mengenai "Destinasi Pesona Wisata Gunung Pancar Bogor Jawa Barat". Semoga bermanfaat dan kita sebagai manusia hendaklah menjaga alam ini dengan sebaik-baiknya agar tetap terjaga kelestarian alam yang sungguh indah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar