Rabu, 26 Agustus 2015

Pantai Santolo Di Garut Jawa Barat Dengan Pasir Putihnya Yang Bersih


pantai santolo garut

Pantai Santolo adalah sebuah pantai dengan keindahan pasir putihnya yang bersih yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut tidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata. 

Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Bentangan pasir putih serta keindahan panorama pantai yang sejuk dipandang mata akan memanjakan kita saat berkunjung ke Pantai Santolo, dermaga yang berdiri kokoh akan menemani dan menjadi saksi bisu keindahan dan kenyamanan panorama pantai saat kita bersantai bersama keluarga atau bersama pasangan. Pembangunan yang dialami pantai ini tidak mempengaruhi terhadap pesona keindahan pantai yang alami. Santolo adalah sebuah kawasan tempat berlabuh dan berkumpulnya para nelayan tradisional, wisata Pantai Santolo sangat populer di di daerah Jawa Barat bahkan kepopulerannya mampu menyedot banyak wisatawan dari kota metropolitan (Bandung), Jakarta, Bekasi. Pantai Santolo ini terletak di daerah Garut bagian selatan, tepatnya di kecamatan Cikelet, Untuk sampai di Pantai Santolo jika kita berangkat dari kota Garut jarak tempuh perjalanan kira-kira 88 km, atau sekitar 3,5 jam. Dengan kata lain jika ingin bewisata ke Santolo yang pertama di tuju adalah kota Garut selanjutnya ke Pantai Santolo.

pantai santolo garut

sunset di pantai santolo garut

pantai santolo garut jawa barat

Fasilitas yang terdapat di Pantai Santolo :

Walau sederhana namun fasilitas yang tersedia di sekitar santolo sudah di bilang lengkap, diantaranya:
Losmen dan penginapan kelas menengah dengan biaya yang sangat terjangkau. Adanya rumah-rumah penduduk yang terletak disekitar pantai yang bisa di sewa dengan harga yang relatif murah. Jika kita berencana untuk tinggal dalam waktu yang lama tentu sangat membantu dalam hal keuangan. Terdapat beberapa Penginapan di Pantai Santolo yang dapat dijadikan untuk menginap oleh para pengunjung atau wisatawan dapat memilih Hotel di Pantai Santolo dengan kelas melati satu. Perahu Sewaan yang akan melayani wisatawan untuk menikmati panorama laut selatan yang terkenal indah dengan deburan ombaknya. Kios-kios cinderamata yang menyajikan aneka ragam cinderamata hasil karya penduduk setempat atau oleh-oleh khas Garut

Warung-warung sederhana beratap daun kelapa dan terpal yang menyediakan makanan dan jajanan ringan, selain itu di warung-warung ini kita bisa menikmati makanan yang segar seperti bakar ikan, bakar kerang dan makanan loain yang berasal dari hasil nelayan setempat. Perahu penyebrangan dengan ongkos hanya 2.000,-/ orang. Dengan perahu ini kita akan di bawa menyeberangi muara.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Jika kita sempat, sebelum memasuki gerbang Pantai Santolo kita akan menlihat sebuah tempat yang agak aneh yakni sebuah tempat peluncuran roket yang merupakan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), ini akan menambah seru perjalanan wisata kita.


pantai santolo garut jawa barat

pasir putih pantai santolo garut


-> Dari arah Cianjur, SukaBumi, Bogor, bisa langsung menggunakan jalan Raya yang menghubungkan Cianjur - Cidaun. Lalu dari Cidaun perjalanan dilanjutkan ke arah timur melewati Desa Cidamar lalu Desa Krang Wangi Cidau lalu menuju Ranca Buaya lalu kita langsung ke arah timur menuju Pantai Santolo.

-> Yang Datang Dari Arah Bandung, Bisa menggunakan beberapa rute perjalanan. Yang tersingkat adalah:
- Jalur pertama melalui Ciwidey terus lurus ke arah Selatan menuju Cidaun yang bisa ditempuh dalam waktu 4 Jam. setelah itu langsung menuju Ranca Buaya ke arah timur lalu Menuju Pantai Santolo dengan Waktu 1-2 Jam Perjalan. Jalir
- Jalur kedua melalui Ciwidey lalu ke Pangalengan kemudian Bungbulang lalu ke Pantai Santolo. Rute ini bisa menghabiskan 6-7 jam perjalanan.

- Dari arah Jakarta bisa melewati Bandung lalu mengambil rute pertama atau kedua.
- Dari arah Sumedang bisa Lansung Menuju Garut Kota lalu lanjutkan ke Cikajang kemudian Pantai santolo dalam waktu 6-7 jam perjalanan. Begitu Pula yang dari arah tasik bisa mengambil jalur-jalur alternatif ke arah Pantai santolo. Untuk sekarang Jalan dari arah Tasik atau wilayah timur Indonesia sudah sangat bagus, lebih-lebih setelah proyek pemabangunan jalur lintas selatan dikerjakan, maka akses ke arah Santolo semakin mudah.

Demikian travellers informasi mengenai Pantai Santolo di Garut Jawa Barat. Bagi kalian yang sudah penasaran sekali tentang Pantai Santolo ini, kalian bisa mengunjungi tempat wisata tersebut dengan mengikuti akses jalan yang sudah saya jelaskan diatas agar memudahkan kalian untuk sampai pada tujuan. Terima kasih atas waktunya telah membaca artikel ini. :) :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar