Jumat, 28 Agustus 2015

Kawasan Agrowisata "Taman Bunga Nusantara" Cianjur, Bogor, Jawa Barat


taman bunga nusantara

Inilah salah satu kawasan agrowisata terpopuler di Cianjur, Bogor yaitu Taman Bunga Nusantara. Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu kawasan agrowisata di Cianjur, Bogor Jawa Barat yang di dalamnya ditumbuhi berbagai jenis tanaman dan juga bunga-bunga yang indah dan cantik yang berasal dari berbagai negara. Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga seluas 23 hektar terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Jalan mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Sukaresmi Cianjur. Di taman ini kita dapat menyaksikan hamparan tanaman dan bunga-bunga cantik beraneka macam yang didatangkan dari berbagai negara.
Saat memasuki area taman, pengunjung langsung disambut dengan kolam panjang yang gemericik airnya terasa sejuk. Pesona taman ini menjadikan banyak fotografer, seniman, pelukis, sinematografer menjadikan Kawasan Taman Bunga Nusantara Bogor ini sebagai studio terbuka. Selain hamparan bunga-bunga, disini juga terdapat berbagai macam patung. Ada pula jam raksaksa yang turut menambah nilai keunikan di Taman Bunga Nusantara ini.

Baca juga artikel menarik lainnya : Lezatnya menikmati kuliner di Bali !

taman bunga nusantara   kolam air mancur taman bunga nusantara

Apa saja nama tema taman yang ada di kawasan wisata tersebut ?
Taman Bunga Nusantara mempunyai beberapa tema taman antara lain yaitu Taman air, Taman Mawar, Taman Pernacis, Taman Labirin, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Gaya Jepang, Rumah Kaca dan Display Karpet. Taman ini juga punya fasilitas lain seperti wisma dan camping ground.

Hal unik lainnya yang cukup di gemari oleh para pengunjung adalah Taman Labirin. Sebuah taman yang berdinding tanaman menyerupai tembok pembatas setinggi manusia dan membentuk lorong-lorong di mana tujuan akhir Anda memasuki labirin ini adalah mencapai daerah yang terdapat di tengan labirin ini. Namun, bila Anda tidak ingin tersesat, Anda bisa berkomunikasi dengan teman Anda yang menaiki sebuah menara pengawas yang berjarak kira kira 20 meter dari pintu masuk labirin.
Taman yang luas ini merupakan tempat favorit bagi anak-anak yang senang berlari-lari. Tanaman dan bunga-bunga yang ada pada Taman Bunga Nusantara ini merupakan ciri khas dari berbagai daerah-daerah tersebut. Begitu juga dengan dekorasi taman yang telah disesuaikan, sehingga Anda dapat merasakan suasana daerah masing-masing.


keindahan wisata taman bunga nusantara    liburan asik taman bunga nusantara

taman bunga nusantara cianjur 


Apa saja fasilitas yang tersedia di tempat wisata tersebut ?
Fasilitas lainnya adalah danau angsa, amphitheater, kereta datto, mobil wira-wiri bila Anda ingin berkeliling taman tanpa perlu berjalan kaki yang dilengkapi dengan rekaman sura pemandu yang menjelaskan tentang tempat ini. Di dekat pintu keluar, Anda akan melihat rumah kaca dengan luas 2.200 m2 dengan lebih dari 3000 panel kaca yang menyimpan beraneka macam tanaman. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli souvenir di toko souvenir, ataupun membeli koleksi tanaman hias di bursa bunga dan tanaman hias.

fasilitas di taman bunga nusantara 

taman bunga nusantara bogor

kolam ikan di taman bunga nusantara

Informasi tiket masuk Taman Bunga Nusantara :

-> Tiket masuk Rp 30.000
-> Parkir motor Rp 5.000
-> Parkir mobil Rp 10.000
-> Tiket Dotto Trains Rp 40.000
-> Tiket Garden Tram Rp 40.000
-> Tiket Wira Wiri Rp 10.000
-> Tiket Rumah Kaca Rp 2.000
-> Peta Maze Garden Rp 2.000

Jam buka Taman Bunga Nusantara :

Senin – Jumat : 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional : 08.00 – 17.30 WIB

Alamat Taman Bunga Nusantara :

Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi – Cianjur, Jawa Barat
Telepon  :+62 263 581 617 & +62 263 581 618
Email: tamanbunganusantara@yahoo.co.id

kolam ikan di taman bunga nusantara kolam ikan di taman bunga nusantara

taman bunga nusantara terpopuler

Rute perjalanan menuju lokasi Taman Bunga Nusantara Cianjur, Jawa Barat :

Rute Jalan ke Taman Bunga menggunakan kendaraan pribadi
Dari Bandung ke Taman Bunga Nusantara
Bandung menuju Gerbang Tol Pasteur - masuk Tol Purbaleunyi (Cipularang) - Keluar di Padalarang - melewati Rajamandala lalu Ciranjang - masuk Cianjur - Cugenang - Cipanas - Sampai di lokasi Taman Bunga Nusantara.

Rute dari Cawang ke Taman Bunga Nusantara
Cawang - melalui Mayjend. Sutoyo- masuk Tol Jagorawi - keluar di Gandok Puncak - Cisarua - Puncak- Cipanas - sampai di Taman Bunga Nusantara.

Rute dari Grogol ke Taman Bunga Nusantara
Grogol - S. Parman - masuk gerbang Tol Dalam Kota - Tol Dalam Kota - Interchange Cawang - lalu ke Tol Jagorawi - keluar di Gandok Puncak - Cisarua - Puncak Cipanas - Taman Bunga Nusantara.

Rute dari Monas ke Taman Bunga Nusantara
Monas ke Medan Merdeka Barat - MH. Thamrin - Bundaran HI - Jenderal Sudirman - Semanggi - Gatot Subroto - Tol Dalam Kota - Interchange Cawang - masuk Tol Jagorawi- keluar di Gandok Puncak - Raya Cisarua - Cisarua - Puncak - Cipanas - lokasi Taman Bunga Nusantara.

Transportasi atau Angkutan umum ke Taman Bunga Nusantara :

Rute dari Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta
Dari Bandara Sukarno - Hatta dan Bandara Halim Perdanakusumah menggunakan Damri jurusan Bogor lalu minta turun di Terminal Baranangsiang Bogor. Dilanjutkan dengan naik elf Jurusan Bogor - Cianjur lalu turun di Pasar Cipanas. Dari Cipanas diteruskan dengan naik angkot jurusan Cipanas - Mariwati dan turunlah di Taman Bunga Nusantara.

Rute dari Jakarta melalui Stasiun Jatinegara
Dari Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tanah Abang. Naik KRL jurusan Bogor turun di Stasiun Bogor. keluar Stasiun dilanjutkan naik angkot hijau 03 jurusan Bubulak - Baranangsiang turun di Terminal Baranangsiang Bogor. Dilanjutkan naik elf jurusan Bogor - Cianjur dan mintalah untuk turun di Pasar Cipanas. Dari situ di lanjutkan naik angkot Cipanas - Mariwati yang akan mengantarkan kita ke lokasi Taman Bunga Nusantara.

Rute dari Jakarta melalui Terminal Bus
- Dari Terminal Kalideres naik bis jurusan Kalideres - Sukabumi turun di perempatan Tol Jagorawi - Ciawi. Dari sana dilanjutkan dengan naik elf Bogor - Cianjur mintalah untuk turun di Pasar Cipanas. Dari Cipanas lalu naik angkot jurusan Cipanas - Mariwati lalu turun di lokasi Taman Bunga Nusantara.
- Dari Terminal Kampung Rambutan. Menggunakan bis Kampung Rambutan - Cianjur (Marita, Parung Indah) nanti turun di Pasar Cipanas. Selanjutnya naik angkot Cipanas - Mariwati dan turun di lokasi Taman Bunga.
- Dari Terminal Lebak Bulus naik bus jurusan Lebak Bulus - Sukabumi (Parung Indah) turun di perempatan Tol Jagorawi-Ciawi. Lanjut dengan naik elf Bogor-Cianjur / bis Jakarta-Puncak-Bandung atau jurusan Garut dan Tasik lalu minta di turunkan di Pasar Cipanas. Lalu naik angkot Cipanas - Mariwati sampai di Taman Bunga Nusantara.
- Dari Bandung ke Taman Bunga Nusantara
Melalu Terminal Leuwipanjang, naik bus jurusan Bogor/Kampung Rambutan/Merak yang via Puncak ya jangan samapai salah. Nanti turun di Pasar Cipanas. Lalu naik angkot Cipanas - Mariwati turun di Taman Bunga Nusantara.
- Dari Bekasi ke Taman Bunga Nusantara
Dari Terminal Bekasi naik bus jurusan Bekasi - Sukabumi, lalu turun di perempatan Tol Jagorawi - Ciawi. Dari sana dilanjutkan naik elf Bogor - Cianjur atau bus Jakarta - Puncak - Bandung dan minta turun di Pasar Cipanas. Dilanjutkan naik angkot Cipanas - Mariwati yang melewati Taman Bunga Nusantara.
- Dari Depok ke Taman Bunga Nusantara
Naik bus jurusan Depok - Sukabumi turun di perempatan Ciawi - Tol Jagorawi naik elf Bogor - Cianjur atau bus jurusan Jakarta - Puncak - Bandung atau bisa juga yang ke Garut dan Tasik, lalu minta turun di Pasar Cipanas. Diteruskan naik angkot Cipanas - Mariwati dan turun tepat di Taman Bunga Nusantara.

Jika kalian ingin menghabiskan waktu liburan, kalian bisa mengunjungi tempat wisata Taman Bunga Nusantara. Selain harganya relatif terjangkau, tempatnya pun membuat kita begitu nyaman berada di kawasan wisata tersebut. Cukup Sekian informasi terbaru tentang kawasan agrowisata Taman Bunga Nusantara Cianjur, Bogor, Jawa Barat. 

Baca juga artikel menarik lainnya : Wisata Seru ke Pantai Tanjung Lesung !

TERIMA KASIH YA......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar