Rabu, 30 September 2015

Wisata Unik "Stone Garden (Taman Batu)", Padalarang, Bandung


Hai guys.... Ternyata masih banyak juga tempat wisata unik di Bandung yang belum semua orang mengetahuinya. Akhir-akhir ini di media sosial sedang heboh-hebohnya memperkenalkan tempat wisata yang ada di Indonesia, salah satunya yang ada di Bandung. Apakah kalian sudah pernah dengar tentang wisata unik yaitu Stone Garden Padalarang Bandung? Bagi yang sudah tahu ataupun belum tahu sama sekali, saya kali ini akan membahas mengenai tempat wisata unik tersebut!


stone garden (taman batu) bandung

Stone Garden Padalarang Bandung atau bisa disebut dengan Taman Batu merupakan tempat wisata yang akhir-akhir banyak diperbincangkan, terutama di media sosial dan internet. Wisata ini banyak disukai oleh para wisatawan dikarenakan pemandangannya yang begitu indah dan membuat kita takjub saat sudah sampai diatas bukitnya. Stone Garden Padalarang Bandung merupakan salah satu detinasi wisata terbaik yang ada di Bandung. Tempat ini sangat cocok sekali untuk travellers yang suka foto-foto dan mengabadikan setiap moment indah saat sedang liburan.

stone garden (taman batu) bandung

Puncak bukit Stone Garden terletak di Cipatat, Padalarang, Bandung Jawa Barat. Dengan ketinggian puncak 907 meter di atas permukaan laut, perlu kondisi prima untuk bisa mendaki puncak bukit ini. Karena rute yang dilalui cukup terjal dan menanjak  hingga sejauh 1,5 km. stone Garden ini berada di atas seluas 2 hektar. Tempat wisata ini bisa dikunjungi untuk kalian yang suka dengan tantangan. Karena dengan kondisi yang prima dan sehat sangat dibutuhkan untuk mencapai tempat wisata tersebut.

stone garden (taman batu) bandung

Lokasinya bisa dikatakan berada di dataran tinggi karena terletak di atas sebuah bukit. Di sekitar tempat wisata Stone Garden Padalarang Bandung ini juga terdapat sebuah Gua alam yang disebut disebut dengan Gua Pawon. Gua Pawon merupakan bukti ke purbakalaan Bandung yang masih ada dan terawat hingga detik ini. Di dalam Gua Pawon terdapat belulang atau fosil manusia yang masih bertahan hingga sekarang. Tentunya Gua alam ini dijaga dengan baik oleh pemerintah setempat.

stone garden (taman batu) bandung

Taman Batu menyajikan pemandangan yang lebih menakjubkan daripada sekedar menonton tegaknya bebatuan yang berformasi di dalamnya. Ketika pertama kali melewati pintu masuk, jalanan yang ada akan terus menanjak. Bebatuan artistik satu per satu menyambut, padang rumput menjadi permukaan kita berjalan. Kemudian jalanan terus menanjak, tidak sampai di situ saja kita akan dibuat takjub dengan pemandangan diatas bukitnya.

stone garden (taman batu) bandung

Setelah tiba di puncak bukit yang menjadi pondasi Taman Batu ini, kita akan disuguhkan dengan hamparan pertanian milik warga sekitar, langit yang terbuka lebar, Gunung Masigit yang sama indahnya dengan Taman Batu, pabrik-pabrik pasir lengkap dengan asap hitamnya, hingga truk-truk pengangkut yang mengeliliginya.

Rasa letih untuk sampai di bukitnyaa pun akan terbayar dengan keindahan dan panorama indah yang bisa dilihat di atas bukit. Dengan disuguhi batu-batu gamping yang berjajar tak beraturan, pesona alam ini pun tampak sangat luar biasa. Selain itu, kita juga bisa menikmati panorama indah alam dengan pemandangan gunung yang ada di sekeliling bukit tersebut. Saat hari mulai senja, matahari pun terlihat temaram di ufuk barat atau yang biasa kita sebut dengan sunset.

stone garden (taman batu) bandung

Untuk harga tiket tempat wisata ini pun tidaklah mahal, yaitu sebesar Rp 15.000,- per orang kita sudah bisa menikmati keindahan Taman Batu ini sepuasnya. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk utama (Rp 6.000,-) dan parkir (Rp 3.000,- s/d Rp 5.000,-).

Fasilitas umum yang sudah tersedia di tempat wisata ini antara lain :
Parkiran, Warung, Pondok atau Gazebo, Toilet, dan Musholla.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengunjungi wisata Stone Garden (Taman Batu) Padalarang Bandung sebagai berikut :
1. Kita harus mempunyai stamina yang benar-benar prima atau sehat. Dikarenakan untuk sampai pada tujuan, jalanan yang akan ditempuh dengan berjalan cukuplah sulit. Dari tempat Anda memarkir kendaraan hingga ke puncak Stone Garden ini membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dengan berjalan kaki.
2. Membawa perlengkapan atau perbekalan secukupnya saja, seperti air minum.
3. Untuk mencapai bukitnya, jangan gunakan sendal jepit atau sendal yang biasa dipakai untuk berjalan-jalan ke mall. Ada baiknya menggunakan sepatu atau sendal gunung. Dikarenakan banyak bebatuan di sekitar tempat wisata tersebut.
4.  Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi, hal ini untuk menghindari penipuan harga yang  dipatok oleh para angkutan umum yang tersedia. Jika menggunakan kendaraan pribadi kita bisa menghemat biaya juga dan tentunya tersedia parkiran yang aman.

Rute Perjalanan menuju wisata Stone Garden (Taman Batu) Padalarang Bandung :
- Bagi pengguna mobil, dari arah Kota Bandung bisa menggunakan jalur tol Purbaleunyi keluar di tol Padalarang menuju ke arah Cianjur. Patokannya adalah kawasan Tagog Apu ketika keluar dari jalan tol, kemudian pantau gapura bertuliskan Gua Pawon di sebelah kanan jalan. Harap berhati-hati ketika berbelok ke kanan memasuki persimpangan gapura tersebut karena jalannya bersifat sedikit tikungan dan rawan terjadi kecelakaan, terutama bagi kalian yang menggunakan sepeda motor.

- Nah, untuk pengguna sepeda motor, lewati saja kawasan Kota Baru Parahyangan (tentu untuk menghindari kekeliruan menuju Cimahi karena persimpangan jalannya sering membuat pengunjung nyasar/salah jalan). Kemudian tuju arah Cianjur ke Batu Apu, dan di sebelah kanan ketika telah tiba di gapura bertuliskan Gua Pawon, hati-hati berbelok ke kanan memasuki persimpangan dan jalanan berbatu.

Cukup sekian informasi yang saya bagikan mengenai Wisata Stone Garden (Taman Batu) Padalarang, Bandung. Menarik sekali bukan tempat wisata unik tersebut? Bagi kalian yang akan berwisata ke sana, ikuti tips yang sudah saya bagikan diatas. Semoga dapat bermanfaat.......


TERIMA KASIH .......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar