Kamis, 29 Oktober 2015

Keindahan Alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat


 Curug Citambur Cianjur Jawa Barat

Cianjur, apakah anda pernah berlibur ke kota Cianjur, Jawa Barat? Cianjur memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk bisa kita nikmati. Salah satunya air terjunnya yang berada di Cianjur atau yang biasa kita sebut "Curug" dan terbilang indah sekaligus luar biasa menakjubkan. Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang wisata air terjun yang sangat memikat hati dan membuat mata kita terbelalak saat sampai di air terjun tersebut, yaitu "Curug Citambur, Cianjur, Jawa Barat". Curug Citambur adalah curug yang berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Pagelaran, Cianjur Selatan, Merupakan salah satu air terjun dari sekian banyak air terjun yang ada di kecamatan tersebut. Menurut warga jika kita berkunjung kesana pada saat musim hujan, pada saat itu debit air meningkat maka suara yang di timbulkan oleh benturan air dengan bebatuan sekitar curug akan mengeluarkan suara seperti genderang yang di tabuh, oleh sebab itu curug tersebut dinamakan Curug Citambur. Keindahan alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menikmati masa liburan. 

Keindahan Alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat

Curug Citambur memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Jaraknya sekitar 80 km dari kota Bandung atau sekitar 40 km dari Ciwidey. Bagi masyarakat di daerah Ciwidey, mungkin sudah terbiasa mendengar nama Curug ini. Tapi lain halnya dengan masyarakat di daerah lain, terutama di Kota Bandung. Nama Curug Cimahi atau Curug Malela mungkin lebih populer di telinga orang Bandung di bandingkan nama Curug Citambur. Curug Citambur memiliki air yang sangat dingin dikarenakan tempatnya yang berada di pegunungan dan masuk menjelajahi hutan, perkebunan teh dan juga persawahan milik warga setempat. Curug Citambur memang belum banyak orang yang mengetahui dan menjamahnya. Akan tetapi, curug ini layak untuk kita lihat. Berjalan jauh dan jalanan yang berliku menjadi hal menarik dan berkesan. Jika ingin ke Curug Citambur Cianjur ini, lebih asyik jika bersama dengan teman-teman serta orang terdekat kita. 

Keindahan Alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat

Secara keseluruhan kondisi jalan menuju Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda dari arah Kota Cianjur sudah cukup baik.Kekurangan sepanjang jalur ini hanyalah kurangnya sarana kelengkapan jalan seperti marka jalan, pembatas jalan, serta lampu penerangan jalan. Tidak dianjurkan untuk melintas di sini setelah pukul 17.00 karena selain sepi, kabut tebal akan sering turun, terutama di sekitar perkebunan teh Pagelaran, Kecamatan Pagelaran hingga Kecamatan Campaka. Selain itu, lalu lintas selepas pukul 17.00 akan sangat sepi, apabila malam hari hanya akan didominasi oleh truk pengangkut kayu dan ELF yang menuju Sindangbarang. Sepeda motor dan kendaraan pribadi cukup jarang melintas. Ketersediaan SPBU pun hanya ada di Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Sukanagara, selebihnya hanya mengandalkan penjual bensin eceran yang bila sudah mulai malam akan cukup sulit mencarinya. 

Keindahan Alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat

Rute perjalanan menuju Kecamatan Pasirkuda dimulai dari Terminal Pasirhayam dengan terus mengikuti jalur utama hingga Kecamatan Pagelaran, tepatnya tidak terlalu jauh dari SPBU di Kecamatan Pagelaran akan ditemukan papan penunjuk arah menuju Curug Citambur. Jalan masuk menuju Kecamatan Pasirkuda berada di sebelah kiri jalan dan merupakan jalan kecil, sehingga bila tidak jeli, maka akan terlewat. Hingga saat ini hanya jalan tersebut yang merupakan akses termudah menuju Curug Citambur dari arah Kota Cianjur. Kondisi jalan akan menanjak dari Kecamatan Cibeber hingga Kecamatan Pagelaran. Tikungan tajam serta jalan yang berkelok-kelok akan menjadi medan utama yang akan dilewati, Setelah belok menuju Kecamatan Pasirkuda melalui Kecamatan Tanggeung, ukuran jalan akan sedikit menyempi. Medan jalan di sini cukup berat, tanjakan dan tikungan cukup tajam akan sering ditemui hingga mendekati wana wisata Curug Citambur. Sebaiknya berhati-hati jika melintas di jalur ini, karena kondisi jalan cukup sempit, tanjakannya cukup berat, tikungannya patah dan seringkali truk pengangkut kayu pun melintas di jalur ini. Wana Wisata Curug Citambur berada di sebelah kiri jalan dengan gapura dan papan nama, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk mencarinya. Setelah sampai, semua rasa letih akan terbayar ketika melihat curug ini. Keindahan Alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat membuat kita kagum dan tidak hentinya untuk kita pandangi dan mengabadikannya dengan berfoto-foto. Hawanya begitu sejuk dan segar.

Keindahan Alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat

Itulah beberapa informasi dan foto-foto mengenai keindahan alam Curug Citambur di Cianjur Jawa Barat yang bisa saya bagikan ke anda semuanya. Semoga blog ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia pada khususnya. Indonesia adalah negara yang kaya akan alamnya yang indah. Kita sebagai manusia harus ikut menjaga dan melestarikannya.

THANK YOU :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar