Jumat, 09 Oktober 2015

Daftar Wisata Rembang Jawa Tengah Yang Menarik Wisatawan


Hai guys. Apa kabar kalian semua? Semoga selalu sehat ya. Kali ini admin punya banyak informasi mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Kota Rembang Jawa Tengah. Konon katanya, di Rembang memiliki berbagai tempat wisata yang unik dan juga menarik sehingga para wisatawan dari berbagai daerah tertarik untuk mengunjungi kota ini. Kota Rembang Jawa Tengah terkenal sebagai tempat pengabdian R.A Kartini pada waktu dahulu kala, dan juga sebagai tempat penyebaran agama islam oleh Sunan Bonang. Makam para pahlawan ini pun ada di kota ini. Makam ini begitu di jaga dan dirawat serta menjadi tempat wisata bagi para wisatawan yang ingin mendoakan para pahlawan tersebut. Jasa-jasa para pahlawan ini begitu dikenang oleh masyarakat sekitar khususnya dan seluruh warga Indonesia pada umumnya. Mari kita simak apa saja tempat-tempat wisata yang menarik di Kota Rembang. Berikut adalah daftar wisata Rembang Jawa Tengah yang menarik Wisatawan :

1.) PANTAI KARTINI

pantai kartini rembang

pantai kartini rembang

Pantai Kartini juga ada di Kota Rembang. Pantai ini selain dapat digunakan sebagai sarana bermain, juga menjadi tempat upacara adat yang sering dilakukan oleh masyarakat sekitar. Contoh upacara adat adalah Lomban, yaitu sebuah tradisi masyarakat setelah Hari Raya Idul Fitri dengan mengirimkan hasil panen mereka untuk laut guna memperoleh keselamatan dalam mencari ikan. Sedangkan untuk para wisatawan juga ada upacara khusus yang diperuntukkan agar wisatawan memperoleh kenangan selama menjelajahi tempat wisata di Rembang. Pantai Kartini ini juga merupakan salah satu pantai terfavorit yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Rembang dan juga para wisatawan. 

2.) PANTAI CARUBAN LASEM

pantai caruban lasem

pantai caruban lasem rembang

Sebuah pantai yang belum banyak diketahui orang dan menjadi tempat wisata di Rembang yang masih asri dan natural. Tetapi pantai ini memiliki keindahannya sendiri. Termasuk ombak pantainya yang cukup bersahabat. Akses jalan ke Pantai Caruban Lasem sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Memang keadaan pantai ini tidak memiliki pasir putih yang menjadi daya tarik pantai lainnya yang ada di Indonesia, tapi keadaan pantai dengan pesisir yang landai membuat anda bisa bermain dengan ombak yang sangat bersahabat ini. Dan juga daerahnya yang masih natural, masih banyak pepohonan yang membuat pantai ini menjadi sejuk dan tidak panas. Deretan hutan pinus dan hutan mangrove akan memanjakan mata anda jika berkunjung ke pantai Caruban Lasem.

3.) MAKAM RADEN AJENG KARTINI

makam raden ajeng kartini

makam R.A KARTINI

Kota Rembang juga terdapat sebuah makam yang menjadi Pahlawan Wanita yaitu makam Raden Ajeng Kartini. Makam ini menjadi tempat wisata di Rembang karena banyak peziarah yang datang ke tempat ini sekedar untuk melihat saksi sejarah dari perjuangan Raden Ajeng Kartini dan juga mendoakannya. Letaknya berada di Desa Bulu, Kota Rembang, membuat akses jalan menuju tempat ini sangat mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Setelah berziarah pengunjung dapat membeli oleh-oleh yang menjadi khas di kawasan Makam Raden Ajeng Kartini. Biasanya saat musim libur tiba, makam ini banyak di padati oleh wisatawan.

4.) TEMPAT PENGABDIAN DAN MUSEUM R.A KARTINI

MUSEUM R.A KARTINI

MUSEUM R.A KARTINI

Siapa yang tidak mengenal pahlawan wanita yang satu ini, yaitu R.A Kartini. Jasa-jasanya terdahulu masih terkenang hingga saat ini. Selain makamnya di kota Rembang juga terdapat kamar pengabdian Radeng Ajeng Kartini. Tempat wisata ini juga terdapat adanya tulisan-tulisan asli Raden Ajeng Kartini yang masih disimpan dengan baik dan dapat dilihat oleh para pengunjug. Tempat ini menjadi saksi bisu dari perjuangan Radeng Ajeng Kartini dalam menjadikan kedudukan wanita Indonesia sederajat dengan para pria. Pengunjung juga akan merasakan bagaimana Raden Ajeng Kartini memberikan ilmu dan pendidikannya kepada generasi muda pada jaman dahulu. Di tempat ini dahulu menjadi semacam sekolah rakyat Raden Ajeng Kartini yang kemudian ditentang oleh Pemerintah Belanda. Tempat ini juga menjadi wisata museum agar kita bisa mengenang jasa-jasa beliau.

5.) PANTAI BINANGUN

PANTAI BINANGUN REMBANG

Selain pantai diatas tadi, di Rembang juga terdapat pantai yang tidak kalah menariknya yaitu Pantai binangun yang terletak di binangun, Sluke, Rembang. Jika anda hendak menuju Jawa Timur anda pasti melewati pantai binangun yang berada tepat disisi jalan Pantura. Tepatnya berada dekat dengan petilasan Sunan Bonang. Untuk biaya menikmati pantai ini sangat murah hanya dengan membayar parkir sepeda motor atau mobil saja,sedangkan tiket masuknya gratis. Di pantai Binangun juga terkenal dengan sunset dan sunrise yang sangat memukau. Masyarakat setempat yang tinggal di sekitar Rembang sering menghabiskan waktu disana dengan menikmati ketenangan dan keindahan pantai yang berpasir putih. Biasanya pantai ini ramai ketika akhir pekan, para pengunjung yang datang biasanya kalangan pasangan muda-mudi dan keluarga.

6.) PANTAI KARANGJAHE (PUNJULHARJO)

PANTAI KARANGJAHE

PANTAI KARANGJAHE

Menikmati keindahan pantai lainnya yaitu pantai utara Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Rembang ini seakan tidak dapat dihabiskan dalam waktu satu hingga dua hari. Debur ombak dengan bibir putih pasir pantainya, serta deretan tambak garam menggapai cakrawala menjadikan keindahan alam yang tak dapat dilupakan jika kita melewati jalur pantai utara kota Rembang – Lasem ini. Keindahan bahari yang ditawarkan sangat menawan hati untuk mampir ke tanah Situs Perahu Kuno ini. Sebuah pantai yang menawarkan halusnya pasir putih dan masih natural ini menjadi andalan utama Punjulharjo Beach. Untuk menjangkaunya cukup mudah, Pantai ini berada sebelah utara Desa Punjulharjo yang berada di tengah – tengah jalur utama pantura kabupaten Rembang – Lasem, lebih tepatnya di Jl.Rembang – Lasem Km 7.5 Desa Punjulharjo Kab.Rembang. Tidak hanya panorama pantai berpasir putih yang landai, Punjulharjo Beach juga mempunyai terumbu karang yang sering penduduk desa Punjulharjo sebut Karang Jahe, terumbu karang yang banyak menawarkan keindahan ini siap memberi nuansa warna bawah lautnya, warna warni ikan dan warna terumbu karang yang menawan bisa kita nikmati dengan menyewa perahu nelayan yang ada di sekitar tepi pantai.

7.) PETILASAN SUNAN BONANG



Tempat wisata di Rembang selanjutnya berupa petilasan atau diyakini masyarakat sebagai tempat beristirahatnya Sunan Bonang, salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Tempat wisata ini terletak 17 km dari Lasem. Sebagai seorang wali besar maka tempat ini sangat ramai dikunjungi para peziarah agar mereka mendapat ketentraman rohani yang lebih jika mengunjungi tempat petilasan Sunan Bonang.  Petilasan Sunan Bonang konon merupakan tempat berdakwah Sunan Bonang. Pada tempat ini pula Sunan Bonang dimakamkan sebelum akhirnya mayatnya dicuri dan dipindah ke Tuban oleh murid beliau. Lokasinya terletak di Desa Bonang Kecamatan Lasem, tepat di atas bukit di sisi jalan Pantura. Setiap bulan Dzulqaidah diadakan acara haul. Obyek-obyek lainnya yang ada di sini antara lain; Batu bekas tempat bersujud Sunan Bonang, Bekas kediaman Sunan Bonang, Joran Pancing milik Sunan Bonang, dan juga Makam-makam kuno lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa kita simak mengenai daftar wisata Rembang Jawa Tengah yang menarik wisatawan. Banyak wisata sejarah yang terdapat di kota tersebut. Tentunya hal ini menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik untuk kita kunjungi. Selain berwisata, kita juga bisa sambil belajar mengenai sejarah kuno yang ada di kota tersebut. Selain itu kita juga tahu bagaimana bentuk makam para pahlawan kita terdahulu. Nantikan artikel menarik lainnya, hanya di http://notetravelling.blogspot.com 

Terima kasih :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar