Selasa, 18 November 2014

Belajar sambil berpetualang di ujung kulon



`Pilihan wisata di Banten kali ini tertuju pada bagian paling barat di Pulau jawa, Ujung Kulon. Badak bercula satu adalah hewan langka yang dibudidayakan. Dan Ujung Kulon adalah tempat habitat terakhir dari hewan yang terancam punah ini. Tapi jangan sangaka di Ujung Kulon kamu hanya akan melihat Badak dan habitatnya, bagia kamu yang menyukai petualangan, maka disarankan untuk mengunjungi Ujung Kulon.
Tempatnya biasa di sebut Taman Nasional Ujung Kulon. Taman yang memiliki luas seputar 122. 956 Ha ; (443 km² salah satunya yaitu laut) initelah diresmikan oleh UNESCO tahun 1992 sebagai salah satu warisan Dunia (World Heritage). Hingga saat ini lebih kurang 50 s/d 60 badak hidup di habitat ini. Pada awalnya Ujung Kulon adalah lahan pertanian, setelah dihancurkan oleh letusan Gunung Krakatau pada Tahun 1883, tempat ini kembali menjadi rimba.

Seperti janji saya di awal, di Ujung Kulon kamu tidak hanya di suguhi pemandangan rimba dan hilir mudiknya badak bercula satu. Di Ujung Kulon juga terdapat beberapa spot menarik, seperti Gunung Honje yang dikelilingi 19 desa dimana Desa Tamanjaya menjadi gerbang masuk menuju Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau Peucang dengan hamparan pasir putih dan dermaganya yang romantis di kala senja. Pulau Panaitan yang terletak di ujung barat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon memiliki wisata alam liarnya dengan perpaduan hutan mangrove, hutan pantai serta hutan hujan dataran rendah. Snorkeling, diving, dan surfing dapat menjadi pilihan olahraga di pulau ini. Semua bisa bisa kamu kunjungi lantaran lokasinya tak seberapa jauh dari lokasi rimba lingdung temoat penangkaran Badak.

Di Ujung  Kulon  kamu  bisa mengunjungi Pulau Peucang. Dimana tidak seperti pantai berpasir putih  pada umumnya, disini kamu bisa menemui satwa liar seperti Kera, Rusa atau bahkan Babi Hutan. Cukup menarik bukan?

Jika  ingin  melihat Satwa Liar lain Banteng dan Burung Merak, kamu juga bisa mengunjungi Cidaon. Berupa  Hamparan  padang  rumput  yang luas dan disanalah kamu bisa melihat mereka, asalkan tidak berisik maka kamu akan mendapat pemandangan cukup langka itu.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata bawah laut di Ujung Kulon. Spot yang menarik adalah di Cikuya. Menikmati ikan-ikan yang berkeliaran disela terumbu  karang  yang terawat, itu juga bisa menjadi pengalaman wisata yang dapat kamu nikmati di Ujung Kulon.

Mencari tantangan lain? Kalau begitu kamu harus mencoba Trekking ke Ujung Kulon untuk melihat  Tanjung  Layar. Disepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan Hutan Alami  berupa pohon-pohon besar dan kicauan burung yang membuat perjalanan akan semakin menarik.  Kamu akan  menemukan  menara mercusuar  di penghujung jalan. Kamu harus menaiki mercusuar dengan tangga yang curam diiringi angin yang berhembus kencang dari arah laut untuk mendapatkan sensasi tantangan yang kamu inginkan. dari atas sinilah kamu bisa melihat pemandangan sekeliling yang luar biasa.

Di Ujung  Kulon tidak ada orang jualan, tidak ada sinyal HP, dan tidak ada PLN. Satu-satunya pembangkit listrik hanyalah bersumber dari Genset di resort peuncang. Disanalah kamu bisa bermalam dan menikmati pengalaman menarik terakhir berupa pemandangan matahari terbenam di Pulau Peucang.


Tertarik? Ayo Kunjungi Ujung Kulon dan dapatkan manfaat edukasi dan nikmati keindahannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar