Jumat, 28 November 2014

Danau Tasikardi , Danau Paling bersejarah milik banten


 Danau Tasikardi Merupakan suatu nama tempat berasal dari bahasa sunda yaitu tasik dan ardi yang artinya danau buatan, danau tasikardi terletak   di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang, Provinsi Banten. Letaknya sekitar 10 km dari pusat kota Serang. 5 hektare dan bagian dasarnya dilapisi ubin batu bata.
Mengunjungi Danau Tasikardi yang konon tidak pernah kering dan tidak
pernah meluap  ini terbilang istimewa. Karena dengan mengunjungi danau
tersebut, berarti telah mengunjungi situs sejarah dan sekaligus obyek wisata 
yang memesona. Sebagai situs sejarah, keberadaan
danau ini adalah bukti kegemilangan peradaban Kesultanan Banten pada
masa lalu. Untuk ukuran saat itu, membuat waduk atau danau buatan untuk
mengairi areal pertanian dan memenuhi kebutuhan pasokan air bagi
penduduk merupakan terobosan yang cemerlang. Fungsi danau tasikardi  bagi masyarakat sekitar sangat lah berharga karena untuk mencukupi kehidupan masyarakat sekitar danau tasikardi tersbut.
Danau Tasikardi dibuat pada masa pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf  sekitar tahun (1570-1580 M), sultan Banten kedua dan merupakan tempat peristirahatan sultan dan keluarganya. Peranannya ganda, yaitu menampung air dari Sungai Cibanten demi pengairan sawah, dan memasok air ke keraton dan masyarakat sekitarnya. Air Danau Tasikardi dialirkan keKeraton Surosowan melalui pipa yang terbuat dari tanah liat dan berdiameter 2,40 meter. Sebelum digunakan, air disaring dan diendapkan di tempat penyaringan khusus yang disebut pengindelan abang atau "penyaringan merah", pengindelan putih dan pengindelan emas.
menjelang matahari terbenam, eksotisme danau  yang menjadi saksi bisu
tentang kegemilangan Banten pada masa lalu. Burung-burung kecil yang 
terbang rendah di tepi danau dan sesekali menyambar air danau, kian mengukuhkan betapa spesialnya Tasikardi ini. 
Ditambah dengan suasana sejuk yang menyelimuti daerah tersebut membuat kita tidak akan menyesal datang berwisata ke Danau Tasikardi yang menawan ini .
Di danau tasikardi ini di  jadikan tempat wisata untuk keluarga yaitu berupa bermain perahu – perahuan dan bercengkrama dengan masyarakat sekitar danau tersebut

Ayo sob luangkan waktu berliburmu untuk mengunjungi danau bersejarah tasikardi ini !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar