Selasa, 31 Maret 2015

Objek Wisata Danau Sentarum | Kalimantan Barat

Danau Sentarum ialah salah satu dari danau musiman yang berada di kalimantan barat, tepatnya di Kapuas Hulu. Setiap tahunnya selama 10 bulan danau ini di penuhi air, dan ketika surut danau akan telihat seperti membentuk kolam-kolam kecil yang diisi oleh ikan-ikan kecil. 
View Danaiu Sentarum Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
Selain keindahan alam, danau sentarum juga memiliki keunikan lainnya. Danau yang pada dahulunya tebentuk pada zaman es ini memiliki banyak kekayaan flora dan fauna yang sangat luar biasa yang tidak terdapat di daerah lain. Ada 510 spesies tumbuhan dan 33 spesies endemik TNDS, di antaranya terdapat 10 spesies baru. Dan juga terdapat 141 spesies hewan mamalia TNDS, dan 29 spesies lain diantaranya spesies endemik, dan 64 persen mamalia tersebut endemik Borneo. Danau Sentarum terbilang sebagai salah satu tempat habitat ikan air tawar lengkap di dunia.

Danau Sentarum juga salah satu surga para birdwatcher. Di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum para wisatawan dapat melihat ikon masyarakat dayak yaitu burung rangkong.
Burung Rangkong Sebagai Ikon Masyarakat Dayak
Lebih dari 1.519 jenis burung yang ada di indonesia sebagiannya atau 20 persen dari jenis burung dapat di temukan di kawasan Danau Sentarum. Perbedaan kontras pada musim yang berbeda merupakan salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi dari jenis ikan tawar yang tinggal, perkembangan biak ikan pada saat mencari makan di kawasan ini, dari ukuran ikan yang paling kecil sekitar 1-2 cm yaitu seperti ikan Linut sampai ikan yang berukuran paling besar seperti ikan Tapah yang mempunyai ukuran lebih dari 200 cm, dan juga ikan yang mempunyai nilai jual yang tinggi seperti ikan Arwana Merah. Kawasan Danau Sentarum dikenal sebagai penghasil madu alam terbanyak yang pernah ada. Hasil madunya kalau di hitung-hitung setiap tahunnya mencapai 21-25 Ton, kualitas madu yang di anggap cukup baik telah mendapat sertifikat dari BIOcert.
Lebah Hutan Liar (Apis Dorsata ) Kawasan Danau Sentarum
Ikan Arwana Merah Danau Sentarum, Kalimantan Barat
Di dalam kehidupan sosial, ekonomi dan budaya yang terdapat dikawasan Taman Nasional Danau Sentarum ini lebih dari 45 dusun permanen dan 10 dusun musiman lainnya yang tersebar di dalam kawasan. Dalam penelitian sejarah, dusun-dusun yang berada dikawasan ini sudah ada sebelum abad ke 18 atau kurang lebih dari 2 abad yang lalu. Dalam perkiraan waktu penetapan kawasan konservasi terbilang jauh dengan penetapan dusun-dusun yang berada di sekitar kawasan. 
Permumahan Masyarakat Dayak Hulu Danau Sentarum
Pada umumnya lokasi tempat tinggal masyarakat dayak berada di batas-batas kawasan pada dataran perbukitan di sekeliling kawasan Taman Nasional. Aktifitas masyarakat dayak pada umumnya sebagai petani, berkebun, dan menangkap ikan. Ada kala masyarakat dayak menanam buah-buahan dan bagi masyarakat yang tinggal di hulu sungai, biasaya mereka memenuhi kebutuhan dengan cara menangkap ikan dan juga labi-labi.

Sekian pembahasan mengenai Objek Wisata Danau Sentarum semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan untuk kita semua. Salam dari Wisata Alam Nusantara, terima kasih atas perhatian 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar