Sabtu, 28 Maret 2015

Wisata Prasasti Tapak Gajah Bogor | Jawa Barat

Prasasti Tapak Gajah atau yang lebih dikenal dengan prasasti kebon kopi ditemukan oleh masyarakat tepatnya di kebun kopi milik Jonathan Rig pada bulan juni tanggal 23. Para ahli meniliti bahwa batu yang dinamakan dengan Prasasti Tapak Gajah itu di buat sekitar 400 Masehi yang lalu. Lokasi Prasasti Tapak Gajak ini berada di sebelah daya barat dari arah kota bogor tepatnya di pedalaman Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulan.

Prasasti Tapak Gajah di Bogor, Jawa Barat
Tanah yang berada di sekitar kawasan situs terlihat cukup subur dan menjadi pemanfaat oleh penduduk sekitar degan menanam bambu, tanaman keras lainnya dan juga tanaman padi. Di sekitar kawasan ini juga terdapat 3 prasasti yang cukup terkenal yaitu Prasasti Kebun Kopi, Ciaruteun, dan Muara Cianten.

View Prasasti Ciaruteun, Jawa Barat
Keberadaan dari prasasti ini sendiri diketahui dari laoparan pimpinan Bataviaascb Genootschap van Kunsten en Wetenschappen tahun 1863 Masehi. Dahulunya prasasti ini berada di Kampung Muara tidak teralu jauh dari tempat Prasasti Ciaruteun.

Prasasti Tapak Gajah di Bogor, Jawa Barat
Prasasti yang di beri nama Tapak Gajah ini di karenakan terdapat sepasang cetakan kaki gajah yang tertempel di prasasti tersebut. Pandangan dari mitolog hindu, arti kata Airawata adalah nama dari seekor gajah tunggangan batara indra dewa perang, dan penguasa Guntur atau Petir. Dari pemberitaan bendera dari kerajaan Taruma Negara terdapat lukisan rangkaian bunga teratai tepat di atas kepala gajah. Setelah di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia, tulisan tersebut berbunyi : tampak disini sepasang kaki gajah seperti Airwata, yaitu gajah dari penguasa taruma yana agung dan bijaksana.

Kepedulian masyarakat dan pemerintah daerah yang peduli terhadap benda bersejarah tersebut menjadikan prasasti terjaga dan terawat dengan baik. Pembangunan di sekitar kawasan prasasti terus di perbaharui, hal tersebut bertujuan untuk kenyamanan pengunjung dan pastinya dapat menjaga keindahan kawasan sekitar Prasasti Tapak Gajah.

Sekian pembahasan mengenai Wisata Prasasti Tapak Gajah yang berada di Bogor | Jawa Barat. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan mengenai situs-situs bersejarah di Indonesia. Salam dari Wisata Alam Nusantara, terima kasih atas perhatian 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar