Jumat, 27 Maret 2015

Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu Bandung | Jawa Barat

Gunung tangkuban perahu, pastinya wisatawan lokal sudah tidak asing lagi mendengar tempat wisata alam yang berada di Bandung utara ini. Gunung berapi yang di perkirakan masih aktif sampai saat kini tingginya mencapai 2.084 meter, Gunung tangkuban perahu ialah gunung yang mempunyai pusat erupsi berpindah dari arah timur ke barat.

View Gunung Tangkuban Perahu Bandung, Jawa Barat
Tangkuban perahu meletus terakhir kali pada tahun 2013, jenis batuan dari hasil letusan gunung tangkuban perahu ialah lava dan sulfur. Pada saat gunung dalam keadaan aktif mineral yang dihasilkan dari gunung ini berupa sulful belerang, sedangan dalam keadaan non aktif biasanya tangkuban perahu mengeluarkan mineral berupa uap belerang.

Gunung yang mempesona akan keindahan alam ini, kalau di perhatikan dari kejauhan persis seperti perahu yang terbalik. Konon ceritanya gunung tangkuban perahu merupakan warisan leluhur yang berasal dari sangkuriang.

Pastinya kita semua tahu kan mengenai kisah sangkuriang, kisah seorang anak bernama sangkuriang yang terpisah dari orang tuanya dan pada kemudian harinya sangkuriang bertemu dengan seorang wanita yang bernama Dayang Sumbi, yang tidak lainnya ibu kandung dari sangkuriang itu sendiri, awal-awalnya sangkuriang tidak mengetahui bahwa wanita yang di cintai nya itu ialah ibu kandung dia sendiri, yang pada akhirnya Dayang Sumbi pun tau bahwa pria yang di cintainya tersebut anak dia sendiri. Namun, sangkuriang tidak mengurungkan niatnya untuk menikahi Dayang Sumbi, kemudian Dayang Sumbi membuat persyaratan kepada Sangkuriang. Apabila sangkurian berhasil membuat perahu dalam kurun waktu semalaman ia akan mengijinkan sangkuriang untuk menikahinya, namun usaha yang dilakukan sangkuriang ternyata gagal. Ia pun menjadi kesal dan menedang perahu yang dia buat hinggal terbalik. perahu yang terbalik inilah pada akhirnya menjadi sebuah gunung. Tapi itu semua hanya sebuah legenda, percaya atau tidaknya kembali pada diri sendiri 

Lokasi wisata gunung tangkuban perahu berada di bagian utara kota Bandung, lebih tepatnya berada di Cikole Kembang. Akses yang di tuju untuk berpergian ke kawasan wisata tangkuban perahu cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor dan angkutan umum lainnya. Jarak yang di tempuh menuju ke lokasi wisata kalau di hitung dari bandung kisaran kurang lebih 7 km mengarah ke Lembang, selanjutnya apabila mengakses jalur bagian utara atau arah subang kira-kira kurang lebih 6-7 km, dari cikole antara perbatasan Bandung dan Subang ada arah kekiri yang menuju ke tangkuban perahu.

Denah Menuju Wisata Alam Tangkuban Perahu Bandung, Jawa Barat
Pengelolaan terhadap kawasan wisata gunung tangkuban perahu di kelola oleh perum perhutanan. Rata-rata suhu yang di hasilkan oleh gunung tangkuban perahu setiap harinya berkisar antara 17-18 derjat celcius, siang dan malam suhu yang di hasilkan bisa mencapai 2 derajat cecius.

Gunung tangkuban perahu ini sangat cocok untuk wisatawan yang mempunyai daya tarik terhadap legenda dan keindahan alam. Sambil berfoto-foto di kawasan gunung berapi bersama keluarga pastinya akan menambah kenangan dan kesenangan tersendiri bagi yang menikmatinya.Tunggu apa lagi segera ajak keluarga dan sahabat untuk menikmati wisata alam nusantara ini.

View Kawah Gunung Tangkuban Perahu Bandung, Jawa Barat
Sekian postingan mengenai Gunung Tangkuban Perahu semoga para pembaca mendapatkan wawasan mengenai wisata alam Gunung Tangkuban Perahu ini, kurang dan lebihnya saya sebagai penulis mohon maaf. karena pada hakikatnya kita sebagai manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Terima Kasih atas perhatiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar