Rabu, 25 November 2015

Curug Ceheng Banyumas yang Indah dan Sejuk


CURUG CEHENG BANYUMAS YANG INDAH DAN SEJUK

Helo travelers :) 
 
Curug Ceheng Banyumas yang Indah dan Sejuk ini cukup ramai didatangi oleh wisatawan. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai Curug Ceheng. Apa kalian pernah mendengar mengenai curug tersebut? Curug Ceheng terletak di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah. Curug Ceheng Banyumas ini memiliki ketinggian air terjun setinggi 13 meter dan berada di lereng tenggara Gunung Slamet dengan ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, membuat kondisi iklim di Curug Ceheng ini menjadi sejuk. Letaknya berada di tengah-tengah antara perkebunan dan hutan-hutan yang memiliki pohon yang rindang. Pada area curug ini juga dikelilingi kelelawar, maka Anda yang akan berlibur kesini tidak perlu heran dan merasa khawatir dengan adanya kelelawar yang sesekali beterbangan. 
 
 
CURUG CEHENG BANYUMAS YANG INDAH DAN SEJUK
 
Banyumas, Jawa Tengah sendiri memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi satu persatu. Salah satunya yang menarik yaitu Curug Ceheng ini. Kedalaman kolam pada curug Ceheng ini sekitar 6 meter. Jika wisatawan yang ingin basah-basahan di curug ini, bisa mencobanya di pinggir kolamnya atau di aliran sungainya yang masih dangkal. Kondisi air pada Curug Ceheng Banyumas yang indah dan sejuk ini masih jernih dan segar. Untuk sampai ke curug Ceheng Banyumas ini, dari lokasi parkir, wisatawan yang datang akan berjalan kaki dengan menaiki anak tangga sepanjang 400 meter dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Saat menaiki anak tangga harap berhati-hati dalam melangkah karena kondisinya yang berkelok-kelok.
 
 
Curug Ceheng Banyumas yang Indah dan Sejuk
 
Berjarak sekitar 15 km di ujung timur dari kota Purwokerto. Untuk menuju ke Curug Ceheng tidaklah terlalu sulit. Berikut beberapa alternatif rute perjalanan untuk sampai ke curug Ceheng !

1) Jika Anda berangkat dari arah Purwokerto dengan kendaraan pribadi langsung saja ambil jalur ke arah Sumbang dengan melewati kawasan wisata Baturaden. Anda dapat melalui dua jalur pilihan yang dapat ditempuh, pertama melalui Dukuh Waluh atau yang kedua melalui Jalan HR Bunyamin. Setelah melewati Baturaden dan sampai di pertigaan Pabuaran, ambil belokan ke kanan ke arah sumbang. Selanjutnya belok ke kiri ke arah Limpakuwus. Kondisi jalan menuju curug ini sudah beraspal dan lumayan bagus. Sehingga wisatawan yang akan berkunjung tidak perlu khawatir lagi.

2) Dan jika Anda masuk dari arah Purbalingga menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa lewat jalur Padamara hingga sampai di Sumbang, selanjutnya tinggal lurus ke utara.

3) Bagi yang menggunakan kendaran umum, Anda dapat naik angkutan pedesaan dari Sumbang dengan rute ke Limpakuwus.

Sebelum masuk curug, terdapat pintu gerbang dengan gapura besar bertuliskan Curug Ceheng yang berdiri di kiri jalan dari arah Purwokerto. Di pintu masuk ini akan dijumpai pos tempat penjualan tiket masuk dan informasi mengenai curug tersebut.
 
 
Curug Ceheng Banyumas yang Indah dan Sejuk
 
Berikut Tarif beserta fasilitas dan akomodasi di Curug Ceheng Banyumas !

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 1500/orang (termasuk asuransi kecelakaan sebesar Rp 100/orang). Biaya parkir kendaraan roda dua Rp 1000/kendaraan dan kendaraan roda empat Rp 2000/kendaraan. Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada tempat wisata tersebut.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasiltitas yang tersedia antara lain tersedianya area parkir yang cukup luas, area bumi perkemahan, loket tiket dan WC.
 
Tips :
Tipsnya, jika Anda akan berkunjung ke Curug Ceheng ini, jangan lupa untuk membawa perbekalan secukupnya, lebih baik memakai sepatu agar tidak terjadi cidera saat menaiki tangga yang berkelok-kelok untuk sampai ke curug tersebut, menjaga barang bawaan Anda, dan kondisi badan juga harus prima.

Curug Ceheng Banyumas yang Indah dan Sejuk 
Curug Ceheng Banyumas yang Indah dan Sejuk

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kepada Anda mengenai "Curug Ceheng Banyumas yang Indah dan Sejuk". Selain mempesona, tempat wisata ini pun murah meriah. Jadi, untuk Anda yang sedang berada di Banyumas, Jawa Tengah tidak ada salahnya mencoba berlibur ke tempat wisata Curug Ceheng ini. 
 
 
 
Thanks,
 
 
Salam Blogger :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar