Selasa, 03 November 2015

Keindahan Wisata Pantai Prigi Trenggalek


KEINDAHAN WISATA PANTAI PRIGI TRENGGALEK


Pantai Prigi merupakan pantai dengan keindahan wisata pantainya yang sangat menarik. Pantai Prigi terletak di Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Keindahan wisata pantai Prigi Trenggalek ini sudah cukup terkenal di daerah Jawa Timur. Sebagian besar penduduk yang tinggal di sekitar area pantai berprofesi sebagai nelayan. Pantai Prigi juga memiliki pasir pantai yang bersih dan lembut. Pesona keindahan pantainya cukup membuat pengunjung merasa terpuaskan berlibur ke tempat wisata tersebut. Selain indah, tempat wisata ini juga murah meriah. Harga tiketnya untuk pintu utama pantai Prigi sekitar Rp 3.000,- per orang, tetapi harga ini dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketika anda sampai di wilayah Teluk Prigi, anda akan memasuki terlebih dahulu hutan mangrove. Menyusuri jalan kayu yang ada di antara tumbuhan bakau khas wilayah pantai hingga menuju ke arah pantai pasir putih. Setelah memasuki kawasan hutan mangrove, anda akan memasuki wilayah Pantai Pasir Putih dengan biaya sekitar Rp 6.000,- per orang.

KEINDAHAN WISATA PANTAI PRIGI TRENGGALEK

KEINDAHAN WISATA PANTAI PRIGI TRENGGALEK

Jika anda ingin menikmati keindahan pantai dengan menaiki perahu, anda harus merogoh kocek Rp 10.000,- per orang dengan catatan perahu harus terisi full dahulu. Dekat dengan Pantai Prigi terdapat sebuah hotel yang dinamakan hotel Prigi. Pada Hotel Prigi menyediakan fasilitas diantaranya yaitu kamar ber-AC, TV, welcome drink, sarapan pagi, 2 double bed, ruang tamu dan teras dengan pemandangan ke taman yang asri dan segar. Jika bosan berada di hotel anda bisa menikmati fasilitas yang ada di hotel dan juga anda bisa bermain ke pantai Prigi, karena letaknya memang tidak jauh dengan pantai Prigi.

KEINDAHAN WISATA PANTAI PRIGI TRENGGALEK

Pantai Prigi juga terdapat beberapa rumah makan dengan menyediakan makanan khasnya yaitu ikan bakar. Ikan bakar disini begitu terkenal karena bumbu ikan bakarnya yang enak, sehingga rasanya sangat gurih. Harga ikan bakarnya juga tidak mahal. Banyak nelayan di Pantai Prigi yang menjaring ikan di tengah lautan yang luas. Nelayan disana juga sering mengadakan upacara adat yang dinamakan Pada Bulan Selo (penanggalan Jawa), nelayan Pantai Prigi menggelar upacara tradisional “Larung Sembonyo”. Upacara ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan sang pembawa berkah sekaligus sebagai peringatan pernikahan Raden Tumenggung Yudha Negara, seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

KEINDAHAN WISATA PANTAI PRIGI TRENGGALEK

Puncak upacara tradisional Larung Sembonyo ini ditandai dengan menceburkan sebuah tumpeng nasi kuning berukuran besar ke laut selatan Jawa alias Samudra Indonesia. Sebelum acara dimulai semuanya mengenakan pakaian adat Jawa terus memanjat doa. Dihadapan mereka berhadap-hadapan dan terdapat tetua adat, dengan bakaran kemenyan yang ditancapkan di atas pasir. Kemudian sebuah perahu nelayan mengantarkan tumpeng raksasa setinggi sekitar satu setengah meter, beserta segenap sesajian lainnya dibawa ke tengah laut. Ribuan warga Trenggalek, terutama masyarakat nelayan Prigi, serta Watulimo dan sekitarnya, menyaksikan larung tumpeng atau di bawahnya “gunungan nasi” itu.

KEINDAHAN WISATA PANTAI PRIGI TRENGGALEK

Nah teman-teman, Bagaimana informasi diatas? Sangat menarik sekali bukan? Keindahan Wisata Pantai Prigi Trenggalek memang patut dilestarikan. Selain pantainya yang bersih, keindahan bawah lautnya sangat bagus, terumbu karang yang cantik dan banyak ikan-ikan di dalam lautnya. Jangan lupa jika anda berlibur ke pantai Prigi, sempatkan untuk mencoba ikan bakarnya yang banyak dijajakan di warung makan yang tersedia.

SELAMAT MENIKMATI LIBURAN GUYS !!!

THANK YOU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar