Minggu, 22 November 2015

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat



Hello guys...

Saat Anda berlibur ke kota Yogyakarta, selain menikmati tempat-tempat wisatanya pasti Anda juga tertarik mencoba kuliner yang ada di sana bukan? Yogyakarta memang menjadi pusat tempat liburan yang menarik. Yogyakarta selalu ramai di datangi oleh para wisatawan saat menjelang liburan panjang. Orang-orang menghabiskan waktu berliburnya di kota yang mendapat julukan salah satunya kota Gudeg. Sebenarnya banyak julukan yang diberi untuk kota satu ini. Namun Gudeg merupakan salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Yogyakarta.

Apalagi dengan berbagai kuliner yang ada di Yogyakarta, segala macam kuliner terdapat di kota yang satu ini. Segala bahan makanan dan rempah-rempah berbaur menjadi satu dan menciptakan rasa yang lezat dan enak. Mahirnya membuat racikan yang pas di lidah membuat kuliner di Yogyakarta menjadi sangat terkenal karena kelezatannya. Ingin tahu apa saja kuliner yang ada di Yogyakarta? Daripada semakin penasaran, yuk cek daftar TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat dibawah ini :

1. Manggar Manding
 
TOP 20 KULINER YOGYAKARTA YANG ENAK DAN LEZAT

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat ini yaitu sebuah tempat wisata kuliner di Jogja yang di sebut dengan Manggar Manding. Menu kuliner yang ada di Manggar Manding ini adalah gudeg, akan tetapi gudeg di kuliner jogja murah yang satu ini tidak sama dengan yang lain. Gudeg yang ada di Manggar Manding ini di buat dari bunga kelapa yang muda. Nampaknya menu di manggar manding ini menjadi salah satu kuliner khas jogja, karena gudeg ini sepertinya merupakan makanan istimewa pada jaman kerajaan dulu. Menu gudeg yang ada di Manggar Manding ini di sajikan dengan berbagai lauk pauk seperti tempe bacem dan sayur krecek.

Alamat: Jl. Parangtritis KM.11,5, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55781
Telepon: (0274) 368707
Jam Buka: Setiap Hari, pukul 09.00 pagi sampai pukul 09.00 malam.

2. Mie Telap 12

MIE TELAP 12

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat ini yaitu sebuah tempat makan yang sangat kreatif. Pasalnya di tempat kuliner di jogja Mie Telap 12 ini akan menyajikan menu mie seperti yang ada di gambar bungkus mie instan yang biasa kita masak di rumah. Dengan kata lain anda akan mendapatkan sajian mie instan seperti halnya yang ada pada bungus mie instan tersebut. Misalkan saja anda ingin memakan mie instan dengan rasa rendang, maka mangkuk anda akan lengkap dengan menu atau lauk tambahan seperti daging rendang seperti yang ada pada bungkus. Tidak hanya itu saja di tempat kuliner di jogja Mie Telap 12 ini anda juga bisa menikmati soda dan juga milk shake. Anda bisa mendatangi kuliner yang satu ini di Jl. Pandeyan 10 B Yogyakarta.

3. Banyu Mili Resto

BANYU MILI
 
TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat ini yaitu sebuah tempat wisata kuliner Kota Jogja yang juga di fungsikan sebagai tempat rekreasi di Jogja. Wahasa air tentunya akan menjadi andalan dari tempat wisata Jogja Banyu Mili Contry Club ini seperti misalkan saja kolam renang, danau dan hutan buatan. Menu andalan di Banyu Mili Contry Club ini adalah udang bakar madu dan kepiting telur. Akan tetapi bagi anda yang tidak terlalu suka dengan makanan air di atas anda bisa mencoba makanan seperti gurame bakar, cumi bakar dan ayam goreng.

Alamat: Jl. Godean Km 4,5, Kwarasan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
Telepon: (0274) 545143
Jam Buka; Setiap Hari, Pukul 09.00 pagi sampai 09.00 malam.

4. Oseng Mercon Bu Narti

OSENG MERCON BU NARTI
 
Tempat makan atau wisata kuliner di Yogyakarta yang berikutnya adalah Oseng Mercon Bu Narti yang beralamatkan di Jl. Miliran UH II No. 280, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang tentu saja sangat populer di kalangan para pencinta kuliner Jogja. Kenapa di namakan oseng mercon? Karena masakan yang ada di Oseng Mercon Bu Narti ini merupakan sebuah makanan pedas di Jogja yang tentu saja akan sangat cocok bagi para pencinta makanan pedas.

Beberapa bahan yang ada di Oseng Mercon Bu Narti ini seperti misalkan saja gajih, tulang muda, kulit dan kikil yang tentu saja bercampur dengan cabe rawit yang terkenal sangat pedas itu bisa membuat lidah para pencinta makanan pedas bergoyang. Ada juga beberapa menu makanan lainnya di Oseng Mercon Bu Narti ini seperti babat, rempelo, bebek, burung dara, lele dan untuk penangkal pedas, wisata kuliner di Yogyakarta ini juga menyajikan berbagai minuman untuk meredakan pedas di mulut dari masakan yang Anda coba. Anda bisa menghubungi di nomor telepon: (0274) 55025.

5. Nasi Goreng Beringharjo

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Tentu saja jika di lihat dari nama tempat makannya saja, kita sudah tahu kira-kira menu andalan apa yang ada di Nasi Goreng Beringharjo ini. Hebatnya ternyata wisata kuliner jogja yang satu ini merupakan tempat wisata kuliner yang termasuk paling tua di Kota Jogja. Untuk urusan porsi anda bisa kondisikan sendiri di wisata kuliner di jogja yang satu ini dan jika anda tertarik anda bisa langsung menuju Jalan Pabringan 1, Yogyakarta.

6. Gudeg Pawon

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Makanan yang terbuat dari Nangka muda ini merupakan sebuah menu sajian utama pada Gudeg Pawon ini. Berdiri sejak tahun 1958 ini, rasa wisata kuliner jogja Gudeg Pawon akan mendapatkan tempat di hati para pencinta wisata kuliner Jogja. Meskipun tempatnya cukup sederhana, akan tetapi untuk masalah rasa wisata kuliner jogja Gudeg Pawon ini bisa menjadi juaranya. Gudeg Pawon ini bisa kita jumpai saat tengah malam.

Alamat: Jl. Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164
Telepon: (0274) 7002020
Jam Buka: Setiap Hari, mulai pukul 10.00 malam.

7. Bungong Jeumpa

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Salah satu tempat makan yang ada di Yogyakarta terunik yakni Bungong Jeumpa, di tempat makan yang sudah mempunyai cabang cukup banyak ini anda bisa menikmati makanan khas Aceh yang tentu saja tidak kalah dengan makanan atau masakan khas kota lainnya. Beberapa cabang Bungong Jeumpa yang bisa anda datangi misalkan di Ruko Demangan Niaga Jalan Demangan Baru, Jalan R.W. Monginsidi No. 12, Ruko Sagan Square, Jalan Prof. Yohannes, Ruko Seturan Square, Jalan Raya Seturan dan Jalan Kaliurang KM 5.

Menu yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini adalah makanan yang di sajikan dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh. Buka pada jam 8 pagi hingga jam 10 malam dan anda bisa memilih beberapa paket yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini seperti Ngopi, Nge-Mie, Nge-Mil, Nge-Nas dan istilah-istilah lainnya. Sajian seperti Martabak, Roti Cane, Mie Aceh, Nasi Goreng, Kopi, Ayam Goreng dan beberapa makanan dan minuman lainnya yang sangat khas bercita rasa Aceh bisa anda dapatkan di kuliner Yogyakarta Rumah Makan Bungong Jeumpa ini.

8. Jejamuran

JEJAMURAN

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yang berikutnya adalah sebuah tempat makan yang beralamatkan di Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Pandowo Harjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat makan yang bernama Jejamuran ini menawarkan berbagai makanan dengan bahan utama yakni jamur. Beberapa menu andalan yang ada di Jejamuran ini seperti jamur tumis pedas, sate jamur, telor dadar jamur, puyunghai jamur dan masih banyak menu makanan yang lainnya.

Bagi anda yang sedang ingin makan besar bersama dengan keluarga atau teman-teman yang jumlahnya sangat banyak, tidak perlu kwatir karena di wisata kuliner Jogja Jejamuran ini mempunyai tempat yang sangat luas yang tentu saja cukup untuk banyak orang. Selain makanan dengan bahan utama jamur, di Jejamuran ini anda bisa mendapatkan minuman yang sudah sangat terkenal kesegaran dan kelegitannya yakni soda gembira.

9. Bakmi Shibitsu

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Sebuah tempat kuliner yang telah sukses berdiri di Jalan Bantul No. 106, Bantul, Yogyakarta. Sekilas Bakmi Shibitsu ini seperti makanan jepang jika di lihat dari namanya, akan tetapi ternyata bukan, karena namanya yang unik banyak orang yang ingin mencoba cita rasa dari Bakmi Shibitsu ini.

Bu Gilah adalah orang yang berada di balik kesuksesan Bakmi Shibitsu dan bisa bertahan mulai dari tahun 1980 hingga saat ini. Beberapa menu makanan yang di sajikan dan bisa anda nikmati di tempat kuliner jogja yang satu ini seperti misalkan nasi goreng, rica-rica ayam, mie goreng, mie godog dan beberapa menu yang lainnya. Di tempat ini anda bisa menentukan bahan mienya, pakai mie bihun atau mie kuning. Untuk minuman penghangat tubuh di Bakmi Shibitsu ini menyajikan Teh Jahe yang hangat.

10. Ayam Geprek Bu Rum

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Salah satu dari TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yang wajib untuk anda kunjungi adalah Ayam Geprek Bu Rum yang terletak di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta. Tempat makan ini sangat populer di kalangan pelajar di Jogja, karena masakan sedap dan pedasnya bisa membuat Ayam Geprek Bu Rum menjadi salah satu tempat makan favorit di Jogja. Menu andalannya adalah ayam tepung yang di campur dengan sambal yang bisa di sesuaikan dengan selera anda.

Beberapa lauk yang bisa menemani Ayam Geprek ini adalah misalkan saja tempe, sayur, tahu dan telur. Salah satu tempat kuliner di Jogja paling murah bisa anda dapatkan di Ayam Geprek Bu Rum ini, pasalnya hanya dengan Rp. 7000 saja anda sudah bisa menikmati sajian makanan di Ayam Geprek Bu Rum ini. Untuk dapat menikmati menu di Ayam Geprek Bu Rum ini anda harus datang ke tempat ini antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore, jadi jangan sampai ketinggalan.

11. Angkringan Lik Man

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat 

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yang berikutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner Angkringan Lik Man. Dan hebohnya Angkringan Lik Man ini merupakan sebuah tempat yang di sajikan untuk rakyat dengan harga yang murah meriah. Tentunya angkringan adalah sebuah tempat yang sangat nyaman untuk ngobrol dan bercengkramah dengan teman, tentunya akan lebih nyaman jika obrolan tersebut di temani dengan secangkir kopi. Jika anda tertarik untuk mengunjungi angkringan Lik Man, anda bisa datang di Kawasan Stasiun Tugu, Jogja.

12. Sate Klathak Pak Pong

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Tentunya bagi anda yang sangat gemar dengan wisata kuliner yang menu makanannya adalah sate, Sate Klathak Pak Pong sudah tidak asing lagi di telinga anda. Karena rasa dari kuliner khas jogja mempunyai rasa yang unik daripada tempat wisata kuliner Jogja yang lain yang menyajikan menu utama sate. Rasa bumbu sate dari kuliner khas jogja Sate Klathak Pak Pong ini tentunya yang menjadi pembeda dengan tempat makan sate yang lain. Sepertinya bumbu yang di gunakan adalah merica, kecap dan juga garam.

Alamat: Jl Imogiri Timur KM 10, Timur stadion Sultan Agung

13. Kalimilk Yogyakarta

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat

Salah satu dari TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yaitu sebuah coffe shop yang sangat terkenal di Kota Jogja, tempat kuliner ini di kenal dengan nama Kalimilk Yogyakarta. Ternyata coffe shop di Kota Jogya yang banyak di gemari adalah sebuah coffe shop yang menyajikan susu sebagai menu andalannya dan salah satu coffe shop dengan menu susu sebagai andalannya adalah Kalimilk Yogyakarta.

Uniknya Kalimilk Yogyakarta ini mempunyai sebutan sendiri untuk para pelanggannya yakni Neneners. Menu yang di sajikan oleh jogja kuliner yang satu ini tidak hanya rasa susu original saja, akan tetapi tersedia berbagai rasa seperti susu rasa durian, cookies, coklat dan bagi anda yang suka ngemil, di Kalimilk juga tersedia snack.

Alamat: Jalan Nglempongsari Raya No. 251, Monjali, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Telepon: (0274) 888999
Jam Buka: Setiap Hari, mulai pukul 11.00 pagi.

14. Bakmi Jawa

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Bakmi Jawa di Yogyakarta jelas sangat berbeda dan memiliki khas tersendiri, Selain rasanya yang gurih, Bakmi Jawa biasanya di masak dengan menggunakan Anglo (tungku dari tanah liat dengan bahan baku arang).

Bakmi Jawa yang terkenal di Yogyakarta adalah :
a. Bakmi Jawa Mbah Mo ( Dusun Code Manding Bantul ). Letaknya sangat terpencil di dusun code, namun menjadi incaran para pejabat dan artis ketika berkunjung ke Yogyakarta.

b. Bakmi Jawa Kadin. Bakmi Jawa yang sudah terkenal sejak dahulu kala, letaknya dekat dengan Pakualaman, persis di samping Supermarket Superindo.

c. Bakmi Jawa Pak Pele, langganan para seniman Jogja. Letaknya di sebelah selatan Alun-Alun Utara, atau dekat dengan Pagar Keraton.

15. Soto Kadipiro

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Soto yang khas dan terkenal di Yogyakarta adalah Soto Kadipiro, yang terletak di Jl. Wates dekat perempatan Wirobrajan. Di jalan ini anda akan menemui banyak Warung Makan Soto Kadipiro, namun yang asli adalah Soto Kadipiro yang berada di utara jalan (satu deret dengan pom bensin). Soto Ayam yang tidak bersantan ini berdiri sejak tahun 1921, dibangun oleh Pak Karto Wijoyo.

Selain Soto Kadipiro, Soto yang terkenal di Yogyakarta adalah Soto Pak Sholeh yang terletak di Jl Wiratama Tegal Rejo Yogyakarta. Tepatnya Jalan masuk Museum Sasana Wiratama Pangeran Diponegoro. Penampilan soto yang bening dan seger terlihat nikmat untuk dinikmati siang hari. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp 8.000 untuk 1 porsinya.

16. Mangut Lele Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
Salah satu dari TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yaitu Mangut lele ini. Mangut Lele, sesuai namanya menawarkan masakan olahan dari ikan lele. Tidak seperti masakan lele biasa, lele sebelum dimasak bersama kuah santan gurih dan pedas seperti kuah gulai, lele terlebih dahulu dibakar diatas tungku, sehingga dagingnya matang saat pembakaran.

Mangut Lele yang terkenal sejak dahulu adalah Mangut Lele Mbah Marto, letaknya di Dusun Geneng Sewon Bantul, atau tepat di belakang Institut Seni Indonesia ( ISI ) Yogyakarta. Walaupun namanya Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto, namun yang terkenal adalah masakan Mangut Lelenya. Banyak kalangan artis dan pejabat dari luar kota yang menjadi langganan Mbah Marto.

Menu Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto selain Mangut Lele, antara lain: Ceker, Gudeg Setengah Kering, Sambal Krecek, Sate Keong, Garang Asem, dll. Harga satu porsi mangut lele sebesar Rp 8.000 atau 10.000 dengan menu kompli (Nasi, Mangut Lele, Gudeg dan Sayur Daun Pepaya).

17. Rumah Makan Legokan Ngancar

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yaitu Rumah Makan Legokan Ngancar. Ikan gabus dan berbagai hidangan air tawar berasal dari sungai Bedog dan Progo. Selain itu, Rumah makan ini menyediakan banyak makanan yang mampu membuat perut bergejolak, hingga menjadi rumah makan favorit banyak orang di Jogja. Lokasinya berada di Tempuran Ngancar, Mangir Kidul, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

18. Saoto Bathok Mbah Katro

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yaitu Saoto Bathok Mbah Katro. Walaupun namanya cukup unuk namun rasa kuliner disini begitu lezat. Enaknya menikmati kesegaran sebathok Saoto Mbah Katro ditambah dengan sambil menikmati keindahan pemandangan Candi Sambisari. Pastinya membuat selera makan Anda menjadi begitu rileks. Lokasinya berada di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta.

19. Sate Buntel Tambak Segaran

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yaitu Sate Buntel Tambak Segaran. Solo dan Jogja adalah dua saudara kota tua yang tak terpisahkan. Nggak mau ketinggalan, untuk urusan kuliner mereka juga bersaudara. Kecap rahasia racikan keluarga mengantar kenikmatan yang tiada tara dari setiap buntel satenya. Lokasinya berada di Jl. Brigjen Katamso 192, Yogyakarta.

20. Kedai Rakjat Djelata

TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat
 
TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat yang terakhir adalah Kedai Rakjat Djelata. Namanya memang agak unik, Kedai Rakjat Djelata. Dari namanya sendiri pasti sudah terbayang kalau salah satu tempat kuliner asik di Yogyakarta ini bakal mengusung konsep tempo dulu. Teman-teman traveler akan dibawa ke suasana masa jadul tempo dulu. Ditambah dengan hiasan sepeda onthel di dalam ruangan juga peralatan makan yang terbuat dari seng dengan motif khas. Semua terkesan khas tempo dulu dan unik!

Tidak hanya dekorasi dan peralatan makannya, menu makanan yang disediakan pun tidak kalah jadulnya. Di Kedai Rakjat Djelata teman-teman traveler bisa menemukan makanan dan minuman yang mungkin sebelumnya hanya akan kalian dengar dari cerita kakek dan nenek. Misalnya seperti minuman teh oewoeh dan es kembang desa.

Hampir semua menu disini diolah dan disajikan dengan suasana tempo lalu. Seperti misalnya penyajian roti bakar dan pisang bakar disini tidak disajikan dengan topping keju atau susu seperti biasa. Kedai Rakjat Djelata membuatnya lebih menarik dan spesial dengan menyajikan makanan tadi dengan dengan lelehan saus gula Jawa. Menarik sekali bukan? Lebih menarik lagi kalau teman-teman merasakan sendiri aroma tempo dulu di Kedai Rakjat Djelata yang beralamat di Jalan Dr. Soetomo 54, Yogyakarta.

Itulah informasi kuliner mengenai "TOP 20 Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Lezat" yang bisa Anda coba. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu Anda memudahkan mencari kuliner yang enak dan lezat saat berada di Yogyakarta. Anda bisa mendatangi langsung alamat yang sudah tertera dan juga dapat menghubungi nomor telepon tempat kuliner yang akan Anda kunjungi yang sudah tersedia diatas. Jadi berlibur di Yogyakarta adalah pilihan yang tepat, selain mengunjungi tempat-tempat wisatanya, Anda bisa menjajaki kuliner-kuliner yang ada di Yogyakarta.
  
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, jika ada kritik dan saran, Anda dapat berkomentar di kolom dibawah yang tersedia. 

   
Salam Blogger :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar