Sabtu, 28 November 2015

Kuliner Enak Khas Cirebon


 
KOTA CIREBON
 
Assalamualaikum wr. wb !

Bertemu lagi dengan saya di artikel terbaru tentunya. Kali ini guys, saya akan memberikan informasi terbaru mengenai kuliner Indonesia, yaitu Kuliner Enak Khas Cirebon. Cirebon merupakan suatu daerah yang ada di propinsi Jawa Barat. Akses menuju kota Cirebon sekarang ini pun sudah semakin mudah. Kondisi jalan sudah semakin bagus. Banyak perkembangan dan perbaikan di Kota Cirebon sehingga destinasi wisata disana semakin maju dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Cirebon.

Bagi Anda yang akan mengunjungi kota Cirebon, jangan lupa untuk menjelajahi wisata kuliner yang enak dan untuk harganya, hmmmm murah meriah !!! Penasaran apa saja kuliner enak yang ada di Cirebon? Check this out ... !


1.) Nasi Jamblang Ibu Nur

NASI JAMBLANG IBU NUR

Nasi Jamblang adalah salah satu Kuliner Enak Khas Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Jamblang adalah nama daerah di barat kota cirebon tempat asal pedagang kuliner tersebut. Dahulu, Nasi Jamblang merupakan nasi putih yang dibungkus dengan daun jati dan boleh ditambahkan dengan berbagai macam pilihan lauk yang disajikan secara prasmanan. Saat ini, daun jati sudah tidak digunakan sebagai pembungkus nasi, melainkan digunakan sebagai alas piring.

Mengapa daun jati? Sebab daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama. Nasinya lebih terasa pulen dan tetap enak. Sedangkan aneka lauk yang dapat dipilih, di antaranya tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan banyak lagi. Pengunjung datang, bebas memilih lauknya sebagai pelengkap nasi dengan harga bervariasi mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 17.500. Semakin banyak lauk yang dipilih akan semakin mahal harganya.

Di Cirebon, sudah banyak sekali tempat kuliner yang menjajakan sajian nasi jamblang ini. Tapi walaupun banyak, ada satu tempat kuliner yang paling populer di Cirebon. Pengunjung datang harus rela antre sebelum menyantapnya. Apalagi bila datang terlalu malam, di atas pukul 7 malam dijamin tak akan kebagian kuliner tradisi yang satu ini. Kuliner enak di Cirebon yaitu Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring II No. 34. Buka setiap hari, dari pukul 07.00 pagi sampai 09.00 malam.

2.) Empal Gentong Krucuk

Kuliner Enak Khas Cirebon

Apa Anda tahu apa itu empal gentong? Empal Gentong merupakan makanan berkuah santan dengan potongan daging sapi atau jeroan. Empal gentong tampilannya mirip seperti gulai, namun rasanya lebih gurih dan manis dan dimasak dengan cara tradisional menggunakan kayu bakar di dalam gentong atau periuk tanah liat. Namanya diambil dari cara memasak yang khas menggunakan gentong. Isinya sendiri merupakan empal yang terdiri dari potongan-potongan daging dan jeroan sapi. Isian yang umum digunakan ialah usus, babat, paru, limpa dan daging sapi.

Rasa gurihnya berasal dari campuran rempah-rempah seperti jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih dan kayu manis. Dagingnya juga empuk, begitu nikmat dilahap. Kalau suka pedas, silahkan tambahkan sambal sesuai selera. Empal Gentong Krucuk merupakan salah satu Kuliner Enak Khas Cirebon.

Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Cukup murah bukan? Empal Gentong yang cukup terkenal di Cirebon yaitu Empal Gentong Krucuk yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No.1 Krucuk Cirebon, Jawa Barat. Telepon : 081804644091. Setiap hari buka mulai pukul 07.00 pagi sampai 09.00 malam.

3.) Nasi Lengko H. Barno

Kuliner Enak Khas Cirebon

Nasi lengko merupakan Kuliner Enak Khas Cirebon yang cocok bagi wisatawan yang suka sayur. Nasi lengko 100 persen tidak mengandung daging, yang hanya berupa sayur mayur dan protein nabati saja. Nasi lengko berupa nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun, toge, daun kucai dan bawang goreng. Itu jadi satu dan disiram bumbu kacang, yang menjadikannya terasa segar dan pasti nikmat. Tambahkan kecap untuk menambah rasa manis, atau kerupuk untuk selingannya. Harga seporsi nasi lengko mulai dari Rp 10 ribu saja, cukup terjangkau. Sudah murah, sehat lagi karena kaya dengan serat. Salah satu yang tempat kuliner yang terkenal dan selalu ramai di datangi pengunjung adalah Nasi Lengko H. Barno, yang beralamat di Jl. Pagongan No. No.15 b, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118. Telepon:(0231) 210064. Setiap hari buka, dari pukul 06.00 pagi sampai 09.00 malam.

4.) Tahu Gejrot Wardi
Kuliner Enak Khas Cirebon

Siapa yang tak mengenal Kuliner Enak Khas Cirebon satu ini, yaitu tahu gejrot, camilan yang mudah ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta atau Bandung. Tapi tahukah Anda, kalau tahu gejrot merupakan camilan Kuliner Enak Khas Cirebon?

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil. Lalu dimasukan dalam kuah yang sudah dicampurkan cabai, bawang putih, bawang merah dan air gula. Rasanya, asam, manis sekaligus pedas. Tahu gejrot begitu mudah ditemukan di Cirebon, dengan harga cuma sekitar Rp 6 ribu saja per porsi. Tahu gejrot cukup untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan.

Salah satu yang terkenal adalah Tahu Gejrot Wardi yang berlamat di Pasar Kanoman, tepatnya dipersimpangan Jalan Kanoman dan Jalan Lemah Wungkuk. Anda akan menemui kuliner enak yang satu ini.

5.) Docang Pak Kumis Khas Cirebon

Kuliner Enak Khas Cirebon
 
Ini dia Kuliner Enak Khas Cirebon yang kaya serat alias penuh sayur mayur adalah docang. Docang berupa lontong, daun singkong, toge dan kacang hijau. Lalu diberi kuah yang merupakan campuran oncom dan kelapa, dengan warna yang kemerahan. Tampilannya memang seperti lontong sayur. Namun begitu kena di lidah, rasanya yang gurih dan bikin mata melek begitu lezat. Kuahnya segar, lontongnya bikin kenyang.

Biasanya, docang disantap masyarakat Cirebon pada pagi hari. Kalau tertarik datang ke Docang Pak Kumis Khas Cirebon, silahkan datang ke alamat di Jl. Tentara Pelajar, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131. Telepon: 0852-9561-4194. Harganya pun tak sampai lebih dari Rp 10 ribu. Enaknya makan docang saat masih hangat. Buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi sampai pukul 11.00 siang, lalu mulai buka kembali pukul 05.00 sore sampai 09.00 malam.

6.) Rumah Makan Empal Asem Haji Apud

Kuliner Enak Khas Cirebon

Empal asem hampir mirip dengan empal gentong, yang sama-sama berisikan daging sapi. Namun kalau diperhatikan, kuah empal asem lebih terlihat bening dan penuh citarasa asam yang segar dari kuahnya. Ternyata, rasa asamnya berasal dari campuran belimbing wuluh dan asam jawa. Bumbu lainnya yang dipakai untuk empal asem adalah bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica dan lainnya. Rasanya yang segar, bikin siapa saja ketagihan.

Salah satu rumah makan yang menjajakan empal asem dan sudah jadi incaran penikmat kuliner adalah Rumah Makan Empal Asem Haji Apud. Lokasinya berada di Jalan Ir H. Juanda No.24. Telepon: (0231) 211055. Dengan harga mulai dari Rp 17 ribu per porsi. Setiap hari buka mulai pukul 09.00 pagi sampai 09.00 malam.

7.) Bubur Sop Ayam M. Kapi
Kuliner Enak Khas Cirebon

Ini kuliner yang unik sekaligus Kuliner Enak Khas Cirebon, namanya Bubur Sop Ayam M. Kapi. Penampakannya mirip dengan bubur ayam yang biasa Anda beli untuk sarapan, tetapi bedanya adalah buburnya ditambahkan lagi dengan kuah sop ayam.

Kuah sop ayam terasa manis bercampur asin sehingga membuatnya gurih. Ayam yang ada di dalam mangkuknya juga halus dan besar-besar potongannya. Rasanya enak, apalagi selagi hangat. Cocok untuk menghangatkan badan di malam hari.

Bubur Sop Ayam M. Kapi berada di Jl Tentara Pelajar, Cirebon, Jawa Barat. Buka setiap hari mulai pukul 05.00 sore sampai malam. Harganya mulai dari Rp 12 ribuan. Bubur sop ayam ini tidak pernah sepi pembeli. Selalu ramai walau buka dari sore hari hingga larut malam.

8.) Serabi Prujakan

Kuliner Enak Khas Cirebon

Serabi memang ada di tempat lain dikota-kota lainnya, tetapi ini juga masuk dalam daftar salah satu Kuliner Enak Khas Cirebon. Serabi ini rasanya gurih, yang bisa jadi camilan untuk pengganjal perut di kala lapar. Serabi merupakan kue tradisional yang sudah dibuat masyarakat Cirebon sejak zaman dulu.

Serabi begitu mudah ditemukan di pinggir jalan atau di pasar-pasar di Cirebon dan dijual kebanyakan di pagi hari sebagai makanan sarapan. Bahan-bahannya terdiri dari tepung beras, santan dan kelapa parut. Serabi dianggap makanan khas Cirebon karena mereka memiliki cara makan Serabi yang berbeda dengan orang Jawa.

Di Jawa, serabi disiram dengan cairan gula merah atau kinca. Tetapi di Cirebon, Serabi dimakan dengan gorengan seperti halnya orang Sunda memakan gorengan dengan lontong atau buras. Harganya mulai dari Rp 1.000 per satuannya. Salah satuserabi yang terkenal di Cirebon adalah Serabi Prujakan yang terletak di Jalan Parujakan 36, Cirebon. Mulai buka pukul 06.00 pagi.

9.) Gado-gado Ayam Hj. Tarkanci

Kuliner Enak Khas Cirebon

Anda pasti tahu kuliner gado-gado. Kalau di Cirebon, gado-gadonya beda dari yang lain karena namanya adalah gado-gado ayam. Isinya hampir sama yakni sayur mayur berupa kentang, toge, timun dan telur rebus tapi ditambahkan lontong dan suwiran daging ayam. Belum selesai, jika gado-gado biasa hanya disiram kauh kacang, maka gado-gado ayam ditambahkan lagi pakai kuah kari ayam. Rasanya lebih nendang dan lebih bikin perut kenyang.

Perpaduan bumbu kacang dan kuah kari ayamnya unik, memberikan citarasa tersendiri. Harganya terjangkau, mulai kisaran Rp 10 ribu. Salah satu yang terkenal adalah Gado-gado Ayam Hj. Tarkanci yang kini berada di Jalan Pulo Baru, tepat di pinggir Gang 8, Cirebon. Jalan Pulo Baru adalah sebuah jalan kecil masuk di pinggiran rel kereta api Kesambi (setelah rel kereta api Lawanggada).

10. Sate Kalong
 
Kuliner Enak Khas Cirebon
 
Sebuah Kuliner Enak Khas Cirebon adalah Sate Kalong. Walaupun dinamakan Sate Kalong, akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini bukanlah daging kelelawar akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini adalah daging kerbau. Bagi Anda penikmat daging kerbau, ada salah satu tempat kuliner yang cukup populer di kota Cirebon, yaitu Sate Kalong yang berada di Jalan Kesambi Dalam, Cirebon. Tempat kulinernya cukup sederahana, menjajakan dagangannya di pinggir jalan dengan menggunanakan gerobak sate yang nampak sederhana. Sate di Jalan Kesambil Dalam ini rasanya sangat enak, dan penjualnya pun sangatlah ramah. Berjualan mulai pukul 07.00 malam dengan harga Rp 9.000 per 10 tusuknya. Cukup murah bukan? Ada rasa asin dan rasa manis. Tergantung selera Anda !

Bagaimana info mengenai Kuliner Enak Khas Cirebon? Sangat menarik dan menggugah selera makan Anda bukan? Jadi untuk Anda yang akan berlibur ke kota Cirebon, jangan lupa untuk menjajakan berbagai kuliner enak yang ada disana. Harganya pun murah meriah.

 
 
Terima kasih atas kunjungan Anda.
 
 
Salam Blogger :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar