Sabtu, 14 November 2015

Wisata Curug Orok Garut Yang Memukau Dan Menawan


WISATA CURUG OROK YANG MEMUKAU DAN MENAWAN

Wisata Curug Orok Garut Yang Memukau Dan Menawan. Garut memang kaya dengan pesona alamnya yang indah dan sejuk. Salah satu di antaranya yang dapat dinikmati di kawasan wisata Garut adalah Curug Orok. Curug Orok merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang berada di sisi selatan Kota Garut. Curug Orok merupakan satu dari beberapa air terjun di Garut yang paling mudah diakses dan cukup populer. Curug ini terdiri dari dua buah curug yaitu curug besar yang mana aliran airnya jatuh langsung dari atas tebing yang berasal dari aliran sungai di atasnya. Limpahan curahan air ini membentuk kolam air dibawahnya. Kolam ini cukup besar dan tidak terlalu dalam sehingga dapat digunakan untuk sekedar mandi ataupun berendam. Sedangkan curug yang kecil terdiri dari beberapa kucuran air yang keluar dari rembesan dinding tebingnya.
 
Untuk memasuki area wisata ini, setiap pengunjung dikenakan tarif 10.000 rupiah per orang. Sedangkan kendaraan dapat diparkir di area parkir yang tersedia di beberapa lokasi dengan tarif normal. Didekat curug ini tersedia dua buah toilet yang sekaligus berfungsi sebagai tempat bilas. Sayangnya kondisinya kurang baik bahkan mengenaskan. Untuk memdapatkan toilet yang lebih baik tersedia di area dekat parkir. Selain toilet yang lebih baik di area parkiran juga terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang, gazebo, area perkemahan, area permainan anak, penginapan, mushola, dan rumah makan.
 
Wisata Curug Orok Garut Yang Memukau Dan Menawan

Bagaimana area parkir di kawasan wisata tersebut?
 
Area parkiran cukup luas dan dapat menampung kendaraan yang cukup banyak, baik roda dua maupun empat. Kapasitas area ini sekitar 500 m2 dengan daya tampung 10 bus, 20 mobil dan 50 motor. Waktu tempuh menuju lokasi ini sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Garut. Dari pusat kota Garut, kita dapat melanjutkan perjalanan ke kawasan Cikajang, sekitar 25 kilometer ke arah selatan, melalui Jalan Raya Cimanuk, Jalan Raya Bayongbong, Jalan Raya Cisurupan, hingga tiba di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang. 
 
Wisata Curug Orok Garut Yang Memukau Dan Menawan
 
  
Apa saja akses yang dapat digunakan untuk bisa menunju ke Curug Orok ?

  • Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi
Bila menggunakan kendaraan pribadi dari kota Garut perjalanan di arahkan ke kecamatan Cikajang. Sesampainya di kecamatan ini akan ditemui pertigaan yang dikenal dengan nama pertigaan Papanggungan. Ambil belokan ke kanan ke arah Curug Orok, selanjutnya ikuti jalan tersebut hingga tiba di jalan masuk ke lokasi wisata yang ditandai dengan adanya plang di sebelah kiri jalan “Wana Wisata dan Bumi Perkemahan Angling Darma: Curug Orok, Ci Kahuripan, Curug Kembar”.

Setibanya di gerbang pintu masuk tersebut, perjalanan diteruskan ke pelataran parkir yang berjarak sekitar 500 m dengan konsisi jalan tanah yang sudah dikeraskan. Sebelum tiba di area parkir akan ditemui pos jaga sekaligus loket tiket masuk. Setiba di area parkir kendaraan perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak yang sudah dibuatkan undakan (sebagian sudah dibuatkan dari semen) sejauh sekitar 200 m menuju lokasi curug berada, Jalan setapak ini cukup curam dan licin bila hujan.

  • Bagi yang menggunakan kendaraan umum
Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari terminal Guntur di pusat kota Garut naik angkot jurusan Garut - Cikajang. Turun di pertigaan Papanggungan. Dari pertigaan ini ganti naik angkot biru kuning dengan jurusan Curug Orok. Ongkos angkot Garut - Cikajang adalah Rp 5000 sedangkan Papanggungan - Curug Orok adalah Rp. 3000. Setiba di depan gapura masuk kawasan wisata Curug Orok perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki hingga tiba di lokasi.
 
CURUG OROK GARUT


Mengapa dinamakan Curug Orok ?
 
Asal mula air tejun ini dinamakan Curug Orok karena menurut cerita masyarakat setempat pada tahun 1968 ada seorang wanita muda yang membuang bayinya dari puncak air terjun, sehingga air terjun tersebut dinamakan Curug Orok. Kalau dilihat dari bentuknya curug ini mempunyai 2 curug, di mana yang besar melambangkan keberadaan ibu si bayi dan yang kecil melambangkan bayi tersebut.

Cukup sekian informasi mengenai "Wisata Curug Orok Garut Yang Memukau Dan Menawan". Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menjadi bahan referensi liburan Anda berikutnya. Terima kasih.

CURUG OROK GARUT
Curug Orok Garut Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar