Rabu, 25 November 2015

Menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur



MENJELAJAHI TAMAN NASIONAL BALURAN SITUBONDO JAWA TIMUR

Menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur mirip seperti sedang berada di Afrika. Apakah Anda sudah mendengar tentang Taman Nasional Baluran (Baluran National Park) yang letaknya berada di Kecamatan Banyuputih, Situbondo , Jawa Timur? Taman Nasional Baluran ini sangatlah luas, dan taman nasional ini mirip seperti di Afrika. Mengapa dinamakan demikian? Karena Taman Nasional Baluran merupakan sebuah ekosistem hutan yang kondisi permukaan tanahnya yang sangat kering. Namun di Taman Nasional Baluran juga ditumbuhi oleh beberapa jenis tumbuhan yang menarik, seperti widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophloea). Widoro bukol, mimba, dan pilang merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih tetap kelihatan hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering. Sangat unik bukan?
 
TAMAN NASIONAL BALURAN

Selain tumbuhan tersebut, di Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur ini juga terdapat berbagai aneka satwa atau hewan-hewan yang dilestarikan disini. Seperti, rusa, kijang, kerbau liar, macan tutul, berbagai jenis burung, dan lain sebagainya. Taman Nasional Baluran menyuguhkan pemandangan yang begitu eksotis dan Anda akan dimanjakan dengan berkeliling menggunakan mobil keliling yang disediakan oleh pihak wisata untuk melihat padang savana yang begitu luas dan terbesar di Pulau Jawa, melihat berbagai tumbuhan hidup, binatang hidup yang dilestarikan dan hidup bebas di alamnya, dan mengunjungi tempat wisata menarik lainnya yang terdapat disana. 
 
TAMAN NASIONAL BALURAN

TAMAN NASIONAL BALURAN

Tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Taman Nasional Baluran !
 
Tempat wisata menarik lainnya yang bisa dinikmati di Taman Nasional Baluran ini adalah adanya pantai Bama, di pantai ini Anda bisa menikmati sunrise atau matahari terbit yang begitu indah sekali. Terdapat juga kwasan konservasi dan hutan mangrove yang dibudidayakan dan sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Disediakan juga di Pantai Bama ini sewa perahu untuk menikmati keindahan pantainya dan Anda juga bisa snorkeling sambil menikmati keindahan bawah lautnya. Taman Nasional Baluran ini juga menyediakan fasilitas berkemah atau camping. Fasilitas lainnya sudah terdapat kamar mandi dan instalasi air yang cukup baik. Tentunya akan sangat seru berwisata sambil menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur.
 
Menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur

Menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur

Bagaimana dengan akses atau rute perjalanannya ?
 
Taman Nasional Baluran sangat mudah diakses oleh kendaraan apa saja, bahkan ketika Anda ingin menggunakan angkutan umum. Taman Nasional berada 255 km dari Kota Surabaya, 35 km dari Banyuwangi, 60 km dari Situbondo, dan 159 km dari Denpasar. Bagi Anda yang berada di luar provinsi Jawa Timur harus lebih dulu datang ke kota Surabaya. Dari Surabaya Anda bisa mengambil rute jalur pantai utara ke arah timur melewati kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan Banyuputih. Setibanya di Banyuputih ambil jalan menuju ke Desa Bilik. Lanjutkan perjalanan Anda menuju Desa Wongosorejo, di tengah perjalanan ke desa ini nanti ambil jalan belok kiri menuju visitor center. Namun, Jika Anda berada di wilayah timur Jawa Timur, Anda dapat mengambil jalur Banyuwangi - Batangan - Bekol dengan jarak tempuh sekitar 47 km. Anda juga bisa mengambil rute melalui Situbondo - Batangan dengan dengan jarak 60 km.

Sesampainya di daerah Bekol, untuk menuju pintu masuk Taman Nasional ini Anda akan melewati jalan aspal tipis sejauh kurang lebih 15 km sehingga disarankan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil tidak menggunakan sedan atau mobil kecil, tetapi sebaiknya menggunakan mobil-mobil besar dengan roda besar.

Menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur
 
Bagaimana dengan kondisi jalan dan iklimnya?
 
Jalan menuju ke Taman Nasional Baluran ini sangat nyaman karena sudah diaspal dan merupakan jalur lintas provinsi yang menghubungkan Bali, Banyuwangi dengan kota Surabaya sehingga bagi Anda yang berada di kota-kota terdekat dapat mengakses dengan mudah dan perjalanan akan menjadi begitu menyenangkan. Iklim di Taman Nasional Baluran ini termasuk iklim kering tipe F dengan temperatur 27,2ºC - 30,9º C dengan tingkat kelembapan udara 77% dan dipengaruhi oleh arus angin tenggara yang kuat dengan suhu yang tergolong kering, dan saat musim kemarau, air di permukaan tanah akan menjadi sangat terbatas.

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran sangat murah dan terjangkau. Berikut daftar harga tiketnya :
- Untuk Wisatawan Domestik dikenakan tarif = Rp 2.500/orang.
- Untuk Wisatawan Asing dikenakan tarif = Rp 20.000/orang.
- Untuk Kendaraan dikenakan tarif = Rp 6.000/orang. 
 
TAMAN NASIONAL BALURAN

Menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur

Demikianlah informasi mengenai "Menjelajahi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur" yang mirip seperti sedang berada di Afrika. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, disarankan untuk Anda membawa perbekalan yang cukup, dikarenakan di Taman Nasional Baluran belum menyediakan tempat untuk kuliner. Namun untuk bekas makanan atau sampahnya tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan. Berlibur ke Taman Nasional Baluran adalah pilihan yang tepat, selain murah meriah, Anda akan berwisata sambil menjelajahi padang savana yang begitu luas dengan melihat tumbuhan, dan hewan yang terdapat di dalamnya.


 
 
Terima Kasih,


Salam Blogger :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar