Minggu, 01 November 2015

Pengertian dan Tujuan Steganography

Pengertian Steganography
Steganography ialah suatu seni ilmu menulis pesan secara tersembunyi atau menyembunyikan sebuah pesan dengan cara tertentu dalam artian tidak seorang pun yang tau dan menyadari bahwa pesan yang di kirim oleh si pengirim ke si penerima pesan memiliki pesan yang tersembunyi di balik pesan yang nyata.



Steganography sendiri berasal dari bahasa yunani, yaitu “ steganos “ artinya Tulisan yang tersembunyi or Covered Writing. Steganography juga termasuk di dalam security through obsecurity, yang biasa di pakai oleh intelijen, militer, maupun teroris dalam menyampaikan sebuah pesan tanpa di ketehui rahasia penting dalam sebuah pesan tersebut. (Sumber Wikipedia)
Tujuan Steganography
Tujuan steganography adalah menyembunyikan atau merahasiakan dari keberadaaan pesan atau sebuah informasi. Pesan yang disembunyikan pastinya tidak akan menarik perhatian orang lain atau jauh dari dugaan seseorang terhadap rahasia dari pesan itu sendiri.


Antara kriptography dan steganography memiliki defenisi tujuan yang berbeda misalnya pada kriptography data yang di sandikan (ciphertext) tetap tersedia, sedangkan steganography sendiri data yang telah di sandikan bisa di sembunyikan sehingga antara pihak ketiga pastinya tidak akan mengetahui keberadaannya. Data rahasia yang telah di sembunyikan bisa di ekstrack seperti data yang aslinya.
Intinya steganography memiliki keuntungan atau peluang yang baik ketimbang kriptography, kenapa demikian ??? karena pesan yang di kirimkan tampak sama dengan pesan sebelumnya yang telah di sisipkan hal tersebut pastinya tidak akan menimbulkan kecurigaan terhadap pihak ketiga. Sebaliknya dalam kriptography pesan rahasia memiliki perbedaan signifikan terhadap pesan yang sebelumnya di sisipkan, dari hal tersebut dapat menimbulkan kecurigaan terhadap pihak ketiga walaupun pihak ketiga tidak tau persis apa yang tersembunyi dalam pesan tersebut. 
Metode steganography
Ada 4 jenis dalam metode steganography ;
1.      Least significant Bit Insertion (LSB)
Contoh file image pesan dapat disembunyikan dengan menyisipkan pada bit yang rendah di posisi kanan (LSB) pada data pixel. Seperti yang di ketahui file Bitmap 24 bit terdiri dari 3 warna yaitu merah, hijau, biru (RGB) masing-masing di susun oleh bilangan 8 bit dari 0-255. Keuntungan LSB insertion ialah algoritmanya memiliki software stegaography yang bekerja antara unsur pokok dan warna LSB melalui manipulasi pallete.
2.      Algorithms and Transformation
Metode steganography ini ialah metode menyembunyikan suatu data dengan menggunakan fungsi matematika. Terdapat 2 fungsi pertama discrete cosine and Transformation or (DCT) and Wavelet Transformation. Keduanya berfungsi untuk mentransformasikan data dari A ke B atau dari satu tempat ke tempat lainnya.
3.      Redudant pattern Encoding
Menggambarkan pesan yang kecil dari kebanyakan pesan. Keuntungan pada metode ini dapat bertahan dari pemotongan atau kegagalan, kerugian tidak bisa menuliskan pesan gambar yang lebih besar.
4.      Spread Spectrum Method
Spread Spectrum Method yaitu pengiriman pesan yang terpencar secara acak melalui gambar. Metode ini ialah metode dengan menggunakan algoritma crypto-key and stego-key, kekurangan metode ini yaitu masih mudah di serang  melalui kompresi dan proses image. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar